Udin Sedunia Juara 2 Lomba Cipta Lagu Radio 2019 Tingkat Nasional

Udin Sedunia
BAHAGIA : Udin Sedunia bahagia dengan muka ceria saat menerima piala dan hadiah sebagai juara II nasional pada cipta lagu Radio 2019 untuk kategori dangdut dan foto bersama Menpar dan Barekraf RI Whisnutama.
Advertisement
MATARAM – Pemilik nama lengkap Sualudin atau lebih dikenal dengan nama Udin Sedunia, pemuda asal Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, NTB terpilih sebagai juara II nasional pada lomba Cipta Lagu Radio 2019 untuk kategori dangdut tingkat Nasional.
Ajang lomba yang diselenggarakan oleh Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI) kerja sama dengan Kominfo dan Kemenpar Barekraf RI dalam rangka memperingati Radio Day 2019. Dimana acara awarding night berlangsung di Hard Rock Cafe Jakarta Selatan yang dihadiri Menpar dan Barekraf RI Wisnuthama, serta Menteri BUMN, Erick Tohir dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat, Jumat (20/12).
“Alhamdulillah, saya sendri dapat juara II kategori Dangdut, dengan judul lagu Terkubur Dalam Hati,” ucap Udin Seduni dikomfirmasi radarlombok.co.id, Minggu (22/12).
Udin Seduni merupakan aktor, pelawak, dan penyanyi Indonesia. Dia dikenal luas pertama kali melalui, video musik dengan judul “Udin Sedunia” yang diunggah melalui Youtube dan membuat, ia dikenal luas masyarakat. Pemuda kelahiran 31 Agustus 1981 ini juga mengatakan, pada ajang bergensi tersebut, dimana diikuti oleh ribuan peserta.
“Lomba ini di ikuti lebih dari seribu pencipta seluruh Indonesia seluruh Indonesia dibagi dua katagori Dangdut dan pop,” terangnya.
Pada ajang tersebut, tim jurinya yang langsung memberikan penilaian terhadap karya-karya para peserta, tentu dari kalangan yang sudah tidak asing lagi seperti Penyanyi Dangdut papan atas Indonesia yakni, Ikke Nurjannah, Nina Tamam, Hendro Saki dan lain sebagainya.
“Juri yang sudah profesional dan enggak asing lagi,” ucapnya seraya mengucapkan syukur atas capaian yang selama ini dia raih dengan mampu berkontribusi ditingkat nasional dan bisa mengharumkan nama daerah dikancah nasional.
Udin menggeluti bidang musik sejak tahun 2005 silam, mulai mengasah bakatnya dengan menciptakan lagu-lagu hingga pada tahun 2011 dirinya menjadi terkenal dengan lagu Udin Sedunia, serta banyak prestasi yang pernah ditorehkan di bidang musik. Seperti pada lomba cipta lagu anak nusantara Kementerian Pendidikan, Peksimida (Pekan Seni Mahasiswa Daerah) meraih juara I.
“Alhamdulilah pernah juga dapat juara pada lomba lainnya, baik pada saat saya ikut ajang lomba lagu Anak Nusantara dan lomba-lomba lainnya,” ujarnya.
Banyak lagu yang sudah Udin ciptakan dan nyanyikan. Bahkan lagu-lagu yang diciptakan masuk di album penyanyi papan atas Indonesia. Salah satu penyanyi yang dibuatkan lagu oleh Udin Sedunia, yakni Ruth Sahanaya di album Simfoni dari Hati.
“Oya lagu yang sudah saya bikin sebenarnya banyak, tapi yang sudah di rilis dan dinyanyikan oleh Dinar Candy-Bigo lagi, Nabila Gomez langsung ke pelaminan, Catrin Pamela- Pho. Romi AFI-capcus, Joe Richard-goyang jomblo, Nona Rinda-feat saya-pulsa(pulang sayang) dan lain-lain hehee. Ada juga dulu saya buatkan untuk Ruth Sahanaya dengan judul lagu Simfoni dari Hati, serta Zian Zigaz dengan judul lagu Sayang sih Sayang. Selain itu ada pop, jazz religy EDM serta lagu anak-anak semua genre saya pelajari dan ciptakan,” bebernya.
Selain tampil di panggung musik dangdut, juga sering menyanyikan lagu-lagu daerah khas Lombok (Sasak) serta, pernah tampil di jagat hiburan tanah air saat ikut bermain peran di film Udin Mencari Alamat Palsu bersama Uli Auliani dan Mike Lucock (2012).
Menurut Udin, bisa berkarir hingga saat ini tentu tidak terlepas dari dukungan keluarga, terutama kedua orang tuanya dan doa dari para Fans, karena itu yang menjadi motivasi dan pemicu semangat dalam berkarya. sehingga sampai saat ini masih eksis di musik dangdut Indonesia.
“Paling utama adalah mengembangkan bakat dan anugrah dari Allah SWT, agar bermanfaat dunia – akhirat. Sekalian kembangkan melalui inovasi lagu ciri identitas negara kita yakni dangdut,” pungkasnya. (sal)
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid