UBG tetap beraktivitas di tengah Pandemi Covid-19

Universitas Bumi Gora
Universitas Bumi Gora
Advertisement

MATARAM – Rektor Universitas Bumi gora (UBG) Dr. Ir. Anthony Anggrawan, M.T,. Ph.D,mengaku tetap melakukan aktivitas pembelajaran seperti biasa selama Pandemi Covid-19 ini. terbukti pembelajaran dalam jaringan (Daring) atau Asynchronous online dan tatap muka.
,’’ pada hakekatnya tidak banyak mengganggu kinerja pembelajaran mahasiswa dan pengajaran dosen karena mahasiswa bisa belajar melalui pembelajaran daring kapan saja, dimana saja serta sesuai dengan kecepatan belajar mahasiswa itu sendiri,’’ kata Rektor UBG Dr. Ir. Anthony Anggrawan, M.T,. Ph.D, kepada Radar Lombok saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (3/7)
Dijelaskan lebih lanjut, selama ini mahasiswa juga dapat memperoleh dokumen dan file pembelajaran setiap mata kuliah yang sedang berlangsung, sehingga mahasiswa bisa juga belajar secara offline.
‘’ kita siapkan dua opsi pembelajaran daring dan tatap muka,’’ akunya
Ditanya terkait dengan diskusi atau Tanya jawab? Anthony mengaku untuk dosen melakukannya melalui vidcon (Video Conference) daring (online) dan juga melalui sosial media yang lain.
Menurutnya, semua mahasiswa di UBG difasilitasi baik secara daring maupun tatap muka. Artinya bagi mahasiswa yang tidak mempunyai fasilitas bisa datang langsung ke kampus dengan menjaga protokol kesehatan. Sehingga pembelajaran berlangsung sesuai dengan kebutuhan mahasiswa UBG.
Dipaparkan lebih jauh selama masa Pandemi Covid-19 ini Langkah yang telah dilakukan oleh UBG dalam menghadapi pandemic Covid-19 adalah memproduksi hand sanitizer dalam jumlah besar ukuran 100ml sebanyak 2000 botol yang diproduksi oleh program studi Farmasi UBG yang dibagikan secara gratis kepada sejumlah masyarakat dan juga pemakaian di dalam kampus bagi semua civitas akademika. Menciptakan mesin otomatis penyemprotan hand sanitizer yang dibuat oleh dosen dan mahasiswa UBG dan dipakai untuk kalangan internal UBG. Disamping itu UBG juga melakukan kegiatan sosial pembagian masker, dan kegiatan lainnya terkait dengan protokol kesehatan terutama bagi civitas akademika UBG.
‘’kita telah menyediakan alat rapid test dalam jumlah yang relative cukup banyak sehingga dosen atau staf yang memiliki gejala awal Covid-19 dapat langsung dilakukan uji rapid test sehingga menjamin kesehatan dosen, staf dan ikut berkontribusi menjaga pencegahan paparan Covid-19.Disamping itu, UBG juga telah membeli dalam jumlah yang besar disinfektan yang digunakan secara rutin untuk menyemprot meja dan kursi di lingkungan UBG,’’ paparnya
Untuk diketahui, terkait dengan kontribusi yang diberikan oleh UBG selama ini adalah menghasilkan Sumber Daya Manuis (SDM) yang berkecipung diberbagai bidang baik mandiri maupun pada instansi-instansi. ‘’kebanyakan lulusan UBG menguasai pasar kerja di NTB,’’ akunya
Dikatakan terkait dengan gambaran mengenaik UBG merupakan perguruan tinggi unggulan di NTB dengan salah satu program studinya Ilmu Komputer terakreditasi sangat baik dan merupakan program studi paling favorit disamping program studi yang lain misalnya Desain Komunikasi Visual (DKV) dan lain-lain.

Brosur Pendaftaran Universitas Bumigora

Untuk diketahui, saat ini UBG menerima mahasiswa dari berbagai latar belakang lulusan baik SMA/SMK/MA. Sebab latar belakang budaya, dan kebutuhan ilmu yang dibutuhkan karena UBG memiliki 12 program studi diantaranya S1 Ilmu Komputer, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Rekayasa PerangkatLunak, S1 TeknologiInformasi, S1 Gizi, S1 Farmasi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Sastra Inggris, S1 Hukum, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, D3 Sistem Informasi, D3 Bahasa Inggris.
‘’ kita saat ini sedang membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademika 2020/2021 sampai dengan gelombang 3 tanggal 4 September 2020 untuk semua program studi yang ada,’’ jelasnya
Bagi Calon mahasiswa bisa memperoleh informasi PMB dengan, melakukan pendaftaran, tes masuk bagi Ilmu Komputer, DKV dan Farmasi, pembayaran.
(misalnyauang pendaftaran, SPP, dan DPP) dan lain-lain secara online melalui sistem PenerimaanMahasiswaBaruh ttp://pmb.universitasbumigora.ac.id, maupun calon mahasiswa langsung datang kekampus di alamat Jl. Ismail Marzuki, Cakranegara, Mataram. Calon mahasiswadapat juga memperoleh informasi PMB Universitas Bumigora secara langsung dari staf PMB pada jam kerjamelalui telpon atau WhatsApp (WA) 0859-3615-9726.
Untuk tidak memberatkan mahasiswa dalam membayar uang perkuliahan maka mahasiswa bisa mendapatkan dispensasi pembayaran (ditunda dan/atau diangsur), mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi dapat memperoleh beasiswa dan mahasiswa yang mempunyai masalah ekonomi akan diberikan keringanan pembayaran uang kuliah.
“Bukan hanya itu saja, bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui program BIDIKMISI (KIP), maka ada kebijaksanaan khusus dengan mendaftar melalui jalur KIP di semua program studi yang telah terakreditasi baik dan sangat baik,” tegasnya
Terkait bagi calon mahasiswa yang akan membayar melalui ATM atau M-Banking maka bisa dilakukan dengan melakukan transfer kerekening BNI Cabang Mataram atas nama Universitas Bumi gora dengan nomor rekening 2812201837.
‘’ Perlu juga bagi calon mahasiswa untuk mewaspadai bentuk-bentuk penipuan yang pernah terjadi di UBG adanya makelar yang menjamin untuk dapat diterima sebagai mahasiswa pada UBG khususnya pada program studi yang memiliki tes masuk (IlmuKomputer, DKV dan Farmasi) itu adalah bentuk penipuan terlebih lagi meminta pembayaran uangkuliah bukan pada rekening atas nama UBG,’’ pesannya (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid