Turis Malaysia Dominasi Wisatawan ke Lombok

MATARAM—Predikat sebagai destiasi wisata halal yang diraih Lombok di ajang internasional beberapa waktu lalu, kini menjadi jualan positif di dunia pariwisata. Predikat wisata halal tersebut ternyata membawa kunjungan wisatawan ke Lombok dari negara muslim. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB wisatawan asal Malaysia selama beberapa bulan berturut-turut yang datang ke Lombok terus meningkat.

Pada bulan Agustus  2016, jumlah wisatawan asal Malaysia yang datang berwisata ke Lombok sebanyak 4.050 orang terjadi peningkatan cukup signifikan dari bulan Juli 2016 sebanyak 3.601 orang.Selain wisatawan asal Malaysia, turis asal Jerman juga mengalami peningkatan yang berkunjung ke Pulau Lombok untuk menikmati berbagai keindahan alam dan budaya yang ditawarkan berbagai obyek wisata ada di Pulau Lombok.“Kunjungan wisatawan dari berbagai negara terus bertambah yang datang ke Lombok,” kata Keala BPS Provinsi NTB, Endang Triwahyu Ningsih Senin kemarin (3/10).

Meski terjadi peningkatan jumlah wisatawan dari beberapa negara ke Lombok, Endang menyebut, secara umum jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai negara ke Lombok pada bulan Agustus mengalami penurunan. Jika pada bulan Juli jumlah kunjungan wisatawan asing  dari berbagai negara yang datang berwisata ke Lombok sebanyak 9.653 orang, maka di bulan Agustus terjadi penurunan menjadi sebanyak 9.127 orang.

Menurut Endang, penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok bisa saja disebabkan karena pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVI ketika itu jumlah wisawatan dari domestik dan internasional cukup tinggi. Namun ketika MTQ sudah selesai, wisatawan yang datang dan tercatat mengalami penurunan. Tentunya hal tersebut juga dilihat dari penurunan jumlah wisatawan yang menginap di hotel baik itu hotel berbintang dan juga non bintang yang ada di Pulau Lombok.

“Penurunan wisatawan berkunjung ke Lombok bulan Agustus bisa saja, karena berbagai faktor. Tapi kunjungan wisatawan Malaysia yang ke Lombok terus mengalami peningkatan,” ujarnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid