Tunjangan Perumahan Dewan Tetap Naik

Ridwan Syah

MATARAM – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD NTB tetap menaikkan tunjangan perumahan anggota DPRD NTB pada angka Rp 12 juta per bulan.

Hal itu tergambar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (RAPBD) tahun 2017. Wakil Ketua TAPD Provinsi NTB, Ridwan Syah mengatakan, tunjangan perumahan anggota DPRD NTB tetap pada angka Rp 12 juta. Kenaikan tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang ditandatangani bulan September lalu.

Kenaikan tunjangan perumahan dewan dari sebelumnya Rp 9 juta menjadi Rp 12 juta pada APBD Perubahan 2016 lalu, setelah adanya desakan   secara terus-menerus dari para wakil rakyat. Akhirnya, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengabulkan keinginan para wakil rakyat tersebut, meski angkanya tidak seperti permintaan dewan.

Menurut Ridwan Syah, dalam RAPBD 2017, besaran tunjangan perumahan anggota DPRD NTB tidak terjadi perubahan. Jumlahnya sesuai dengan kenaikan dari Rp 9 juta menjadi Rp 12 juta. “Jumlahnya sudah ditetapkan sesuai dengan APBD-P 2016 lalu,” terang Ridwan Syah kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (23/11).

Nilai tunjangan perumahan sebesar Rp 12 juta setelah dilakukan kajian. Pemprov telah melakukan appraisal, study banding dan lain sebagainya. Hal-hal itulah yang menjadi dasar hukum sehingga Peraturan Gubernur (Pergub) tentang kenaikan tunjangan perumahan dewan ditetapkan sebesar Rp 12 juta.

Anggota DPRD NTB dari PDIP, Ruslan Turmuzi mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang (UU), DPRD juga termasuk penyelenggara negara. Oleh karena itu, sudah sewajarnya tunjangan perumahan mengikuti perkembangan kebutuhan.

Ruslan sendiri menyadari opini yang berkembang cukup negatif jika berbicara tunjangan perumahan dewan. Namun yang harus disadari oleh masyarakat, sudah menjadi kewajiban negara, mempersiapkan rumah bagi anggota DPRD. “Jumlah kita kan banyak, karena negara tidak mampu makanya kita dikasi tunjangan untuk urus rumah sendiri,” ujarnya. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid