Tujuh Tanda Motor Honda Harus Segera Diservis

SERVIS MOTOR : Layanan servis sepeda motor Honda dari bengkel AHASS. (IST/ RADAR LOMBOK )

MATARAM – Mobilitas tinggi dengan menggunakan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh membutuhkan perhatian khusus, agar kondisi mesin dan part lainnya pada sepeda motor Honda tetap dalam kondisi prima. Rata-rata kini setiap pekerja atau orang kantoran, memiliki kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Untuk mempertahankan performa motor, tentunya harus melakukan perawatan. Astra Motor NTB bersama tim Safety Riding memberikan tips, bagaimana ciri-ciri dari motor yang sudah saatnya harus menerima perawatan.

“Untuk urusan perawatan motor Honda, percayakan pada AHASS. Di NTB bengkel AHASS sudah tersebar sebanyak 75 showroom hingga ke pelosok desa,” kata Technical Service Sub.Dept Head Astra Motor NTB Anton Prihatno, Senin (25/1).

Anton memberikan bocoran, bahwa ada enam tips yang mesti diperhatikan dan dilakukan oleh pemilik sepeda motor Honda, agar kendaraan yang membantu memperlancar pekerjaan sehari –hari bisa tetap terjaga dalam memberikan performa terbaik.

Pertama adalah, kilometer sudah melewati batas servis. Servis berkala dan ganti oli biasanya dilakukan setelah motor setelah melaju sejauh 2000 kilometer (km). Anda cukup mengingat di kilometer berapa Anda terakhir servis dan harus kembali servis setelah bertambah 2000 km. Ini adalah penanda paling gampang, karena Anda tidak harus merasakan sesuatu yang salah pada motor Anda. Biasakan servis dan ganti oli di bengkel resmi, agar jika ternyata membutuhkan sparepart, Anda lebih mudah mendapatkannya dan bisa dipastikan orisinil.

“Kebanyakan bengkel resmi juga menuliskan di km berapa Anda harus melakukan servis berikutnya. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam mengingat,” ujar Anton.

Selanjutnya, kedua adalah sulit dinyalakan saat akan dipanasi. Ketika pagi hari motor Anda tidak bisa dihidupkan dengan electric starter, maka Anda akan mencoba kick starter (starter kaki). Jika setelah Anda mencoba kick starter motor masih sulit menyala bahkan tidak bisa menyala itu adalah salah satu tanda motor Anda butuh diservis. Namun kebanyakan oran justru mengira hal ini disebabkan karena motor kedinginan setelah semalaman tidak dinyalakan, dan terus mencoba menyalakannya. Jika terus dipaksakan kemungkinan karburator atau busi motor Anda akan semakin Aus.

Ketiga, motor tidak dapat pertahankan posisi stasioner. Motor yang sehat atau motor dengan performa prima tidak akan mati jika Anda melepaskan pedal gas. Jika Anda mengalami motor mati ketika gasnya dilepas atau dikecilkan, itu juga salah satu pertanda harus segera membawa motor Honda untuk diservis.

Keempat, motor mengeluarkan suara yang tidak semestinya. Suara-suara yang semestinya tidak ada juga bisa menjadi penanda motor Anda butuh segera diservis. Beberapa contoh suara yang biasanya muncul adalah, suara seperti berderik atau berdesing dari mesin, suara berisik dari rantai, suara terseret-seret dari belt pada motor matic, atau suara gesekan dari cakram.

Kelima, pergantian gigi tidak lancar dan tarikan terasa berat. Tarikan awal yang berat saat posisi gigi 1 adalah salah satu tanda motor bebek atau motor sport Anda butuh segera diservis. Selain tarikan awal yang berat, Anda juga bisa merasakan kecepatan maksimum yang tidak bisa tercapai. Selain itu juga perpindahan gigi yang tidak mulus. Muncul sentakan ketika Anda mengoper gigi.

“Jika mengalami hal ini, segera bawalah motor Anda untuk diservis,” terangnya.

Keenam, motor yang bergetar melebihi biasanya. Motor yang melaju biasanya memang menimbulkan getaran halus. Saat motor terus menerus digunakan biasanya setelan karburator juga berubah dengan sendirinya, sehingga menimbulkan getaran pada body motor. Jika Anda merasakan getaran ini semakin besar dan mengganggu, sebaiknya bawa ke bengkel untuk segera diservis.

Terakhir, ketujuh adalah ketika motor Honda mengeluarkan Asap. Teknologi motor saat ini menjadikan motor Anda tidak berasap. Yang patut dicurigai adalah jika motor Anda yang biasanya tidak berasap tiba-tiba muncul asap dari bagian knalpot. Ketika muncul asap putih biasanya ada masalah pada piston, sedangkan bila yang muncul adalah asap hitam biasanya yang bermasalah adalah bagian karburator. Jika muncul fenomena diatas sebaiknya motor Anda segera diservis agar kerusakan tidak terlalu parah.  Itulah berbagai ciri dan gejala motor Anda untuk segera diservis, agar performa mesinnya tetap dalam kondisi optimal.

“Dan pastikan Anda selalu melakukan servis berkala motor Honda Anda di bengkel resmi guna mendapatkan layanan servis terbaik dari para ahlinya,” tutup Anton. (luk)