Triathlon Ironman 70.3 Targetkan 1000 Peserta

Triathlon Ironman 70.3 Targetkan 1000 Peserta
TRIATHLON: Tampak para peserta dari mancanegara yang mengikuti lomba Lombok Internasional Triathlon beberapa tahun lalu.( SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sejumlah penyelenggara lomba olahraga ekstrem seperti Triathlon, sepertinya mulai banyak yang tertarik melakukannya di Pulau Lombok, NTB. Terbukti, Lombok akan menjadi tuan rumah triathlon ironman 70.3 pada 4 Juli mendatang. Bahkan pesertanya diharapkan tembus 1000 peserta.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan, penyelenggara menargetkan 1000 peserta. Peserta dari mancanegara maupun lokal diharapkan ambil bagian dalam kompetisi ini. Nantinya, para peserta akan menempuh jarak 70,3 mil atau 113 kilometer. Dengan berlari sejauh 21,1 kilometer, berenang sejauh 1,9 kilometer, dan bersepeda sejauh 90 kilometer. ”Pekan lalu kami ikut rapat persiapan bersama penyelenggara dan OPD. Perkembangannya bagus, sudah 32 negara yang mendaftar,” katanya Selasa (21/1).

Menurut Andy, kompetisi bertaraf internasional ini tentu membutuhkan dukungan dari seluruh pihak. Karena banyak manfaat yang akan diterima daerah dari pelaksanaan triathlon ironman ini. Dengan biaya murah namun memberikan multiplier efek yang besar bagi pariwisata. Karena pada event triathlon ini sebagian besar biaya ditanggung peserta.

Peserta triathlon yang umumnya menengah ke atas akan stay di Lombok selama tiga sampai lima hari. Sehingga secara perhitungan kemasukan pariwisata juga bakal mencapai milyaran. ”Jika sehari satu peserta mengeluarkan satu juta, maka banyak yang akan didapatkan pelaku pariwisata atau usaha kecil dari event ini,” katanya.

Lebih lanjut, Andy mengatakan, Lombok memang sangat cocok untuk event triathlon. Didukung dengan kondisi alam yang sangat indah. Sehingga Lombok juga memiliki potensi pengembangan sport tourism.

Sementara itu, Kepala Dispora NTB Hj. Husnanidiaty Nurdin juga menyambut baik event triathlon ironman tersebut. Apalagi penyelenggara berencana akan menggelar event ini tiga tahun berturut-turut. “Jika ketiga-tiganya di Lombok maka akan sangat besar manfaatnya bagi daerah,” tutupnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid