Tren Pasien Sembuh di NTB 75,9 Persen

UPDATE : Data peta perkembangan Covid-19 tanggal 5 September 2020.

MATARAM-Perkembangan kasus Covid-19 di NTB saat ini sudah semakin terkendali.

Hal ini terlihat dari tren pasien sembuh cukup meningkat beberapa hari terakhir ini. Meski tambahan kasus baru positif masih terjadi dan pasien meninggal dunia. “Hingga hari ini perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat cukup dapat terkendali dengan baik,”terang Sekretaris Daerah (Sekda) selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi pada Sabtu malam (5/9/2020).

Menurut Gita, hal tersebut tidak terlepas dari komitmen dan upaya pemerintah kabupaten/kota se-NTB bersama dengan aparat TNI dan Polri yang tidak kenal lelah terus berupaya melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19. Diantaranya melakukan contact tracing serta edukasi kepada masyarakat. “Namun demikian dari empat indikator pengendalian infeksi Covid-19 Provinsi NTB, kita baru bisa memenuhi satu indikator yang sudah baik yakni kesembuhan 75,9% dari standar 69%. Untuk indikator kematian masih 5,8% dibandingkan standardl 3,3%, positif rate 10,5% dibandingkan standar 5%, serta komparasi tracing dibandingkan isolasi NTB 7,3 dibandingkan dengan standar 30,”jelasnya.

Sementara data Gugus Tugas Provinsi NTB, Sabtu (5/9) tercatat tambahan kasus pasien positif meninggal dunia satu orang yang merupakan pasien yang terkonfirmasi positif beberapa hari lalu asal Lombok Barat yakni Pasien nomor 2431 atas nama M, perempuan, usia 76 tahun, penduduk Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Pada hari yang sama juga masih terdapat 19 kasus baru positif berasal dari Kota Mataram enam orang, Lombok Barat tiga orang, Lombok Tengah satu orang, Lombok Timur tiga orang, Sumbawa Barat tiga orang, Kabupaten Bima dua orang dan Satu orang dari Kota Bima. Hal ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 190 sampel di Laboratorium PCR RSUD Provinsi NTB, Laboratorium PCR RS Unram, Laboratorium PCR RSUD Kota Mataram, Laboratorium PCR Genetik Sumbawa Technopark, Laboratorium TCM RSUD dr. R. Soedjono Selong, Laboratorium TCM RSUD H.L. Manambai Abdulkadir dan Laboratorium TCM RSUD Dompu, dengan hasil 163 sampel negatif, delapan sampel positif ulangan dan 19 sampel kasus baru positif Covid-19.

Pada hari yang sama juga terdapat 21 orang tambahan pasien selesai isolasi dan sembuh dari Covid-19 setelah melalui tahapan uji swab dua kali negatif. Mereka berasal dari Mataram tiga orang, Lombok Barat tujuh orang, Lombok Utara satu orang, Lombok Timur empat orang dan Sumbawa empat orang dan Dompu dua orang. “Dengan adanya tambahan 19 kasus baru terkonfirmasi positif, 21 tambahan sembuh baru dan satu kasus kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (5/9/2020) sebanyak 2.845 orang, dengan perincian 2.178 orang sudah sembuh, 168 meninggal dunia, serta 499 orang masih positif,”jelasnya.

Oleh karenanya, Sekda mengajak semua berjuang bersama dengan cara tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19. “Mari kita semua senantiasa kooperatif dan membantu petugas kesehatan bersama aparat melakukan contact tracing agar Covid-19 cepat terkendali,”katanya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaPelaku Penganiayaan Suami Istri di Desa Juran Alas Diringkus
Berita berikutnyaTujuh Peserta SKB CPNS Langsung Gugur