TPPD Pastikan Loteng Siap Jadi Pusat Pemerintahan Provinsi

Hasan Masat (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TPPD) Lombok Tengah memastikan pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah siap untuk menjadi pusat pemerintahan Provinsi NTB. Hal ini menyusul adanya sejumlah anggota DPRD Provinsi NTB dapil Lombok Tengah yang meminta pemda untuk memulai mempersiapkan dengan matang rencana menjadikan Kota Praya sebagai ibu kota Provinsi NTB.

Ketua TPPD Lombok Tengah, Hasan Masat menyatakan, pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah siap untuk menjadi pusat Pemerintahan Provinsi NTB. Langkah positif dan menarik pewacanaan dan bahkan sudah lebih dari wacana untuk menjadikan daerah tersebut sebagai pusat Pemerintahan Provinsi NTB. D imana infrastruktur perkantoran, tata wilayah serta fasilitas-fasilitas umum berskala internasional sudah dimiliki di daerah itu. “Ini bukan soal pengalihan dengan menafikan peran Kota Mataram yang selama ini menjadi ibu kota provinsi, tapi atas dasar geografis dan posisi strategis Lombok Tengah sangat memungkin untuk kemajuan masyrakat Lombok, terutama jika Pulau Sumbawa terbentuk sebagai provinsi juga,” ungkap Hasan Masat, Selasa (17/1).

Baca Juga :  Tarif Parkir KEK Mandalika Coreng Pariwisata Lombok

Disampaikan bahwa pihaknya ingin kesatuan kultur dan custom atau kebiasaan serta akar budaya bergerak dalam semangat pembagunan, sehingga pihaknya yakin para pemimpin Kabupaten dan Kota yang ada di pulau Lombok akan legowo untuk kemajuan masyarakat Lombok. “Tinggal sekarang desain dan mapping yang jelas, resourses atau sumber daya apa yang kita punya dan terutama kajian kajian legal akademisnya diperkuat,” terangnya.

Hasan menyampaikan agar bisa menggunakan ruang ruang prencaraan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sampai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di perkaya dengan ide- ide dan gagasan untuk kemajuan bersama. Sehingga pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi ide gagasan dan langkah para wakil rakyat di DPRD  Provinsi NTB asal Lombok Tengah yang mengambil langkah maju dan menyuarakan hal ini. “Jika Kabupaten Lombok Tengah dijadikan pusat pemerintahan provinsi, tentu akses dan distribusi berbagai soal, termasuk ekonomi akan lebih mudah karena dekat dengan semua kabupaten dan kota yang ada di pulau Lombok,” terangnya.

Baca Juga :  Tak Ingin Kecewa, Pemda Ogah Targetkan Pajak WSBK

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi NTB, H Ruslan Turmuzi saat bersama jajaran anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) melakukan kunjungan ke Pemda Lombok Tengah menyampaikan bahwa moment saat ini yang mana Pemprov NTB sedang menyusun Ranperda RTRW yang baru dianggap sangat pas untuk bagaimana Pemkab melakukan koordinasi dengan Pemprov NTB agar Praya bisa menjadi pusat pemerintahan Provinsi NTB. “Apalagi dengan rencana pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa (PPS) yang tinggal menunggu pencabutan moratorium pemekaran wilayah sangat tepat untuk memulai persiapan menjadikan Praya sebagai ibu kota Provinsi NTB dan kita sangat mendukung,” jelasnya. (met)

Komentar Anda