Toprak: Ini Untuk Ayahku

Toprak Razgatlioglu menjadi juara musim 2021 di Kejuaraan Dunia Superbike (Worldsbk) setelah menyelesaikan balapan pertama di leg terakhir musim di di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah. (istimewa/Wolrdsbk)

LOMBOK TENGAH— Toprak Razgatlioglu menjadi juara musim 2021 di Kejuaraan Dunia Superbike (Worldsbk).

Menyelesaikan balapan pertama di leg terakhir musim di di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah di tempat kedua, Toprak membuat sejarah sebagai pengendara sepeda motor Turki pertama yang menjadi juara dalam kategori ini.

Toprak Razgatlioglu ini memupus ambisi Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) untuk merengkuh juara dunia tujuh kali berturut-turut. Toprak meraih tiga kemenangan sejak bergabung bersama Yamaha pada 2020. Lalu melanjutkannya pada 2021 dengan 13 kemenangan pada 2021 serta 28 podium dalam 35 balapan. Dengan kesuksesannya pada tahun 2021, ia menjadi pembalap Yamaha kedua yang menjadi Juara Dunia di WorldSBK, setelah pembalap Amerika Ben Spies pada tahun 2009, dan pebalap berbeda ke-18 yang dinobatkan di WorldSBK.

BACA JUGA :  400 Tenaga Medis Disiapkan Sukseskan WorldSBK

Toprak naik di podium dengan bendera Turki setelah menerima ucapan selamat pertama setelah balapan dan menunjukkan kegembiraannya. Toprak Razgatlioglu lahir pada 16 Oktober 1996 di Antalya Alanya,Turki. Dia putra kedua dari pengendara sepeda motor akrobat Turki yang terkenal Arif Razgatlıoğlu, yang dikenal sebagai One Wheel Arif yang artinya Wheelie Arif. “Mimpi saya adalah, saya selalu mengatakan musim ini, bahwa saya mungkin menjadi juara dunia. Ini untuk ayahku. Saya sangat senang hari ini. Bagi saya, ini adalah hari yang luar biasa. Ini sangat penting bagi saya. Dia juga bekerja untuk saya dan tidak mungkin baginya untuk melihat bahwa saya adalah juara dunia, tetapi dia selalu mengatakan ‘Toprak akan menjadi Juara Dunia’. Dia meninggal empat tahun lalu tetapi hari ini kami adalah juara dan ini untuknya,” katanya.

BACA JUGA :  Juara Dunia WorldSBK Ditentukan di Sirkuit Mandalika

Sebelum bergabung di Pata Yamaha dengan Brixx WorldSBK, Toprak memulai karirnya di Kejuaraan Dunia Superbike dengan Kawasaki ZX-10R. Memenangkan Kejuaraan Superstock 600 Eropa 2015 dengan Kawasaki ZX-6R. Dia berkompetisi di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013 dan 2014; finis di peringkat 10 dan 6. Ini pertama kali diselesaikan pada balapan ke-7 musim 2014 di Sachsenring, Jerman. Dia memenangkan balapan pertamanya di Magny Cours dengan Kawasaki ZX-6R di European Superstock 600 Championship pada 5 Oktober 2014. Kini Toprak sukses menjadi juara musim 2021 di Kejuaraan Dunia Superbike (Worldsbk). (rl/Worldsbk/Livik.net)