Todongkan Golok, Tiga Komplotan Rampok Diringkus

illustrasi

PRAYAJajaran Polsek Jonggat bersama tim Puma Polres Lombok Tengah berhasil meringkus tiga orang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) alias rampok yang kerap meresahkan masyarakat. Ketiga pelaku diketahui masing-masing berinisial M alias AK, AY alias Y, dan N yang ketiganya merupakan warga Kecamatan Batukliang.

Ketiga pelaku ditangkap karena diduga merampok di Dusun Montong Praje Bat Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat pada Minggu (15 /5) sekitar pukul 02.30 Wita, dengan korban Haji Robi Ahmad,  45 tahun. Kini para pelaku dan barang bukti sudah diamankan guna proses pengembangan lebih lanjut.

Kapolsek Jonggat, IPTU Bambang Sutrisno ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tiga pelaku kasus curat tersebut. Di mana pelaku melancarkan aksinya saat korban yakni Haji Robi Ahmad yang saat itu sedang tertidur. Pelaku masuk ke dalam rumah dengan cara merusak pintu depan, kemudian membangunkan korban dan menodong dengan menggunakan sebuah golok. “Pelaku masuk ke rumah korban dan langsung menodongkan golok. Para pelaku langsung mengambil barang-barang milik korban di dalam rumah berupa 3 buah HP merek Redmi 9A, Samsung, XIOMI, 1 buah serkel pemotong keramik, 3 buah anting emas, 1 buah BPKB sepeda motor Yamaha Jupiter MX,” ungkap IPTU Bambang Sutrisno, Jumat (20/5).

Bambang menyebutkan, kerugian korban atas ulah para pelaku  diperkirakan sebesar Rp 7 juta. Atas kejadian tersebut, korban melaporkan ke Polsek Jonggat untuk ditindaklanjuti. Petugas kemudian bergerak cepat menyelidiki kasus itu dengan meminta keterangan pelapor dan saksi-saksi. Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan saksi-saksi, didapatkan tiga identitas pelaku inisial M alias AK, AY alias Y, dan N. “Selanjutnya pada Kamis, (19/5) sekitar pukul 06.00 Wita, kami bergerak cepat menangkap pelaku setelah mendapatkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan para pelaku di rumah M alias AK di Dusun Tunjang Desa Pagutan, Kecamatan Batukliang,” terangnya.

Bambang mengaku, anggotanya langsung menangkap para pelaku tanpa ada perlawanan. Petugas juga melakukan interogasi awal dan menemukan  barang bukti (BB) berupa satu buah HP Samsung yang dipegang pelaku N. Para pelaku langsung digelandang ke Polsek Jonggat untuk diproses hukum lebih lanjut. “Kita masih mengembangkan kemungkinan adanya lokasi lain yang menjadi sasaran aksi kejahatan yang dilakukan para pelaku. Saat ini para pelaku masih menjalani proses pemeriksaan dan pengembangan,” tandasnya. (met)