TNP2K RI Gandeng Unram Gelar Seminar Nasional

Ilustrasi kegitan TNP2K
Ilustrasi kegitan TNP2K

MATARAM – Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menggandeng Universitas Mataram (Unram) menggelar sejumlah kegiatan. Mulai  dari seminar nasional, bedah buku, pemutaran film dan pelatihan bertempat di Auditorium, dan ruang kelas Fakultas Ekonomi Bisnis, Unram, mulai 21- 23 Oktober 2019.

Koordinator Acara Kegiatan dari TNP2K Jovanni Enralin Silalahi menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk berbagai pencapaian upaya TNP2K di tingkat nasional dan regional, serta untuk mendapatkan masukan perbaikan lebih lanjut.

“Memprakarsai pemanfaatan produk pengetahuan TNP2K oleh universitas sebagai jaringan hubungan pengetahuan, serta untuk menindaklanjuti advokasi anggaran lokal dalam pengurangan kemiskinan,” kata Jvanni dalam keterangan tertulis, Minggu (20/10).

Jo mengatakan pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan ini, adalah terdiri dari beberapa diskusi pemutaran film interaktif, seminar, kuliah umum, ulasan buku TNP2K, dan pameran buku di stan TNP2K. Diharapkan hasil yang diharapkan dari kegiatan ini  dapat prosiding seminar, adanya serah terima simbolis produk pengetahuan dari TNP2K ke Unram, serta input film pendek TNP2K, menindaklanjuti pelatihan analisis anggaran dan daftar buku pengambilan.

Adapun yang akan menjadi pembicara dari TNP2K sebanyak 10 orang dan Bappeda NTB serta dari Unram Prof  Mansur Afifi.

sementara itu, pesertanya dari Fakultas Ekonomi Unram sebanyak 100 orang, Fakultas Kedokteran 25 orang, Program Studi Sosiologi Unram 25 orang, pemerintah daerah 20 orang dan media 5 orang.

Latar belakang dari kegiatan tersebut, katanya dalam 8 tahun terakhir, TNP2K telah menghasilkan banyak jenis produk pengetahuan dari berbagai kegiatan dan studi. Sebagian besar produk pengetahuan ini telah disimpan dan dapat diakses secara publik di situs web TNP2K.

Baik dalam perspektif manajemen pengetahuan, tahap diseminasi ini masih dapat dikembangkan untuk memastikan pemanfaatan dan pertumbuhan pengetahuannya melalui aktivitas paparan.

Selanjutnya, paparan produk pengetahuan adalah salah satu kegiatan utama dalam proses manajemen pengetahuan. Produk pengetahuan yang akan disebarluaskan akan berfokus pada praktik terbaik yang telah terjadi di bidang yang terkait dengan tema yang telah ditentukan. Berbagi pengetahuan produk memerlukan analisis awal sehingga produk pengetahuan dapat dikembangkan secara maksimal dan bermanfaat bagi penerima. Salah satu saluran yang dapat menggunakan dan mengembangkan produk pengetahuan melalui penelitian adalah universitas.

“Kerja sama dengan Unram Mataram dan Kabupaten Lombok Utara, mudah-mudahan produk pengetahuan yang terbuka dapat dikembangkan dan digunakan untuk kemajuan NTB secara keseluruhan,” harapnya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid