TNI Rehab Gubuk Zohri

Gubuk Zohri
DIBONGKAR : Anggota TNI dibantu IPDN beserta masyarakat bergotong-royong merehab gubuk Zohri. (ISTIMEWA FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Apresiasi kepada Lalu Muhammad Zohri, pelari tercepat dunia terus berdatangan. Bahkan kini gubuk peninggalan orang tuanya di Dusun Karang Pangsor Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (KLU) itu mulai dibongkar dan direhab TNI bersama IPDN dengan dipimpin langsung Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Sabtu (14/7). “Pembongkaran ini dilakukan berdasarkan hasil koordinasi bersama keluarga Lalu Muhammad Zohri. Tadi malam keluarganya mengizinkan dan merestui perehaban tersebut,” ujar Kolonel Rizal.

BACA JUGA: Ini Sosok-Sosok Penempa di Balik Kesuksesan Lalu Muhammad Zohri

Sesuai yang disepakati lanjutnya, perehaban tidak mengubah konsep asli. Kayu papan tetap menjadi tembok, atapnya menggunakan genteng. Hanya saja dilebarkan 1 meter ke belakang supaya lebih luas dengan atap naik menjadi 3 meter supaya lebih nyaman. “Kita tidak merubah konsep aslinya,” terangnya.

Kemudian pada sisi lain, lantai yang menggunakan tanah liat akan dipasangkan keramik, dibuatkan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Zohri pun diharapkan semakin bersemangat mendulang prestasinya di tingkat internasional sepulangnya nanti.

Seluruh biaya perehaban rumah Zohri berasal dari berbagai sumber donasi dari masyarakat Indonesia. Termasuk juga lembaga pemerintah pusat, daerah, dan provinsi. Ditargetkan pembangunan tuntas dalam satu bulan ke depan.

Selain perehaban rumah, gang masuk ke rumah Zohri juga dirabat sepanjang 200 meter dengan lebar satu meter lebih. Dilengkapi juga pemasangan lampu penerangan jalan agar nyaman digunakan oleh masyarakat dan anak-anak juga bisa bermain dengan aman.

Selain personel TNI yang melaksanakan pembongkaran dan perehaban, terlihat juga petugas PLN untuk membantu memasang lampu jalan. Kemudian dari BPN untuk mengukur luas tanah milik keluarga Lalu Muhammad Zohri dalam rangka pembuatan sertifikat. (flo)