TMMD Bangkitkan Semangat Gotong Royong Warga

TMMD Bangkitkan Semangat Gotong Royong Warga
GOTONG-ROYONG: Warga bersama Trisula Desa Montong Gamang, dan Satgas TMMD terlihat kompak turun gotong-royong membuka jalan baru, Senin kemarin (7/10). (M.HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

Trisula Desa Montong Gamang dan Warga Turun Gotong Royong

PRAYA—Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 tahun 2019 Kodim 1620/Loteng, memasuki hari ke enam, Senin kemarin (7/10), berbagai kegiatan yang dilaksanakan masih terus berjalan lancar. Bahkan berbagai proses pembangunan tidak hanya dilakukan oleh TNI saja, akan tetapi berbagai pihak juga ikut terlibat dalam melakukan pembangunan di desa itu.

Seperti yang dilakukan tiga pembina desa, yang terdiri dari kepala desa (Kades), bintara Pembina desa (Babinsa) dan bintara Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas), atau yang sering disebut Trisula di Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang, bersama puluhan masyarakat turun langsung membantu anggota Satgas TMMD menggali tanah yang akan dijadikan jembatan penghubung jalan raya dengan jalan baru yang sedang dibuka sepanjang 1.450 meter di Dusun Embung Karong, desa setempat.

Kepala Desa Montong Gamang, HM Amin Abdullah, bersama Babinsa, Serka B. Hariwanto, dan Babinkamtibmas, Aipda M. Nasib, terlihat ikut memegang cangkul dan skop, sekaligus memberikan motivasi kepada anggota Satgas dan masyarakat untuk ikut bergotong-royong di lokasi kegiatan. Hal itu dilakukan, sebagai rasa syukur mereka atas dibangunnya jalan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Kepala Desa Montong Gamang, HM Amin Abdullah, program fisik TMMD ke 106 di desanya ini akan sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama para petani. Mengingat jalan tersebut sangat dibutuhkan bagi masyarakat setempat, yang kebanyakan berprofesi sebagai petani. Dimana dengan adanya jalan tersebut, maka akan mempermudah transportasi mereka menuju sawah-sawah warga nantinya. “Untuk jalan yang sedang dibuka ini sepanjang 1.450 meter, dengan pembuatan tiga buah jembatan dan lima buah gorong-gorong,” ungkap Amin Abdullah.

Disampaikan, luas lahan pertanian yang bisa memanfaatkan jalan baru nanti, ada sekitar 50 hektar. Sehingga pembukaan jalan baru ini, tentu sangat membantu para petani pada saat pengangkutan bibit maupun pupuk dan distribusi hasil pertanian. “Kami sangat berterimakasih, karena desa kami merupakan salah satu desa yang menjadi sasaran kegiatan TMMD. Jalan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 1620/Loteng, Letnan Kolonel Czi Pratiwanto, SE. M.I.Pol., di sela kesibukannya membenarkan bahwa program fisik pembuatan jalan baru di Desa Montong Gamang, dilakukan anggota Satgas TMMD bersama masyarakat setempat.

Program TMMD ini, lanjut Dandim, tidak hanya menyelesaikan sasaran fisik semata. Namun juga menggugah masyarakat untuk membangkitkan kembali semangat gotong-royong yang sempat memudar oleh perkembangan zaman. “ Untuk itu, mari kita sukseskan TMMD ini dengan semangat gotong royong untuk kepentingan dan kemaslahatan bersama,” pintanya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid