TKI Masih Jadi Idola

PRAYA-Keinginan masyarakat Lombok Tengah untuk bekerja di luar menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), ternyata masih tinggi.

Perbulannya, ada ratusan pendaftar di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertran) setempat, yang mendaftar. Data ini disebutkan langsung Kepala Disosnakertran Lombok Tengah, HM Nazili, kemarin. Bahwa, peminat masyarakat yang ingin menjadi TKI masih tinggi. ‘’Usai lebaran ini saja ada ratusan pelamar yang ingin menjadi TKI,’’ aku Nazili, kemarin (18/7).

Menurutnya, ada dua faktor yang menyebabkan masih tingginya minat masyarakat yang ingin menjadi TKI. Yaitu kurangnya lapangan pekerjaan yang disiapkan pemerintah dan terpengaruh hasil TKI yang sudah sukses. ‘’Dalam lamaran tersebut yang paling banyak tujuan negara Malaysia. Kemudian timur tengah, Korea dan Jepang,’’ sebutnya.

BACA JUGA :  Melihat Kondisi KK, TKW yang Diduga Korban Pemerkosaan Majikan

Kata Nazili, pemerintah tidak melarang masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri asal legal. Karena para TKI ini tak hanya menguntungkan mereka secara pribadi, tetapi juga pemerintah. ‘’Secara pribadi mereka bisa menghasilkan tingkat perenomian dan kesejahteraan lebih. Dan, pemerintah juga bisa mendapatkan devisa. Tapi itu urusan nasional,’’ pungkasnya. (cr-ap)