Tips Mencegah Mesin Motor Honda Cepat Panas

Tips Honda
PERAWATAN : Layanan servis sepeda motor Honda di bengkel AHASS.

MATARAM – Penggunaan motor dalam aktivitas keseharian dalam jarak dekat apalagi jarak jauh, akan menyebabkan kondisi mesin motor menjadi cepat panas, karena sistem kerja motor, diawali dengan pembakaran. Biasanya akan menimbulkan banyak masalah pada performa mesin dan juga masalah lain, seperti overheat atau panas yang berlebih pada bagian mesin.

Dengan kondisi mesin yang panas, tentu akan membuat kinerja mesin tidak maksimal. Overheat sendiri adalah situasi dimana suhu mesin terlalu tinggi dan melewati batas normal, sehingga berakibat terhadap performa mesin dan kinerja komponen yang ada di dalamnya. Astra Motor NTB berbagi tips agar mencegah mesin motor Honda tidak cepat panas.

Technical Sub.Dept Head Astra Motor NTB Anton Prihatno menyampaikan, sebenarnya penyebab utama dari mesin sepeda motor cepat panas, diantaranya karena tiga hal, yaitu karena oli mesin yang sudah jelek atau sudah lama tidak diganti, air coolent kurang, serta radiator rusak.

“Lakukanlah penggantian oli secara teratur maksimal setiap 4000 Km, penambahan air coolant bila kurang atau diganti setiap 32.000 KM, serta pemeriksaan system pendingin (radiator). Agar lebih memudahkan konsumen, lakukanlah perawatan berkala sesuai dengan jadwal service motor Honda Anda,” jelas Anton.

Selain itu, lanjut Anton, pastikan juga untuk perawatan motor Honda kesayangan Anda hanya dilakukan pada bengkel resmi Honda atau yang sering disebut AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). Layanan AHASS menyediakan segala kebutuhan perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda.

Pemeriksaan dan perawatan secara berkala akan mempertahankan performa mesin dan fungsi komponen pendukungnya selalu dalam keadaan optimal. Di sisi lain, juga akan memperpanjang usia pakainya. Jika perawatan tidak dilakukan secara teratur, kondisi dan performa komponen motor akan menurun dan beresiko mengalami kerusakan yang lebih cepat.

Anton juga mengajak masyarakat agar jangan ragu untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan ke bengkel AHASS, jika ada bagian motor yang dirasa kurang baik, sehingga keamanan, kenyamanan berkendara tidak akan terganggu dan performa sepeda motor Honda kesayangan Anda selalu dalam kondisi optimal.

“Gunakan juga aplikasi Motorku X untuk memudahkan konsumen melakukan servis tanpa antri,” tutup Anton. (luk)

 

BACA JUGA :  Honda CBR250RR, Motor Jagoan dari Indonesia