Tingkatkan SDM, BI Gelontorkan Rp 720 Juta

BEASISWA: Kepala Perwakilan BI NTB, Prijono, ketika menyerahkan program beasiswa kepada dua Perguruan Tinggi di NTB, Universitas Mataram dan IAIN Mataram, Rabu (29/3) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)
Advertisement

MATARAM—Tahun 2017 ini, Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB kembali menggelontorkan dana hingga Rp 720 juta untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Provinsi NTB. Peningkatan kualitas SDM yang menjadi konsen BI tersebut diberikan kepada 80 orang mahasiswa dalam bentuk beasiswa dalam program Generasi Baru Bank Indonesia (GenBI) yang ada di dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Provinsi NTB.

Realisasi program beasiswa bagi 80 mahasiswa dari dua PTN di NTB tersebut ditandai dengan adendum kerjasama beasiswa BI dengan Universitas Mataram dan IAIN Mataram, Rabu kemarin (29/3) di Aula Serbaguna Kantor BI Provinsi NTB.

Hadir pada adendum kerjasama beasiswa BI tersebut, Wakil Rektor III Unram, Dr. H. Muhammad Nasir, Wakil Rektor II IAIN Mataram, Dr. Azis Ahmad, Direktur Unit Usaha Syariah (UUS) Bank NTB, H. Saharuddin, Kepala Bank BTN Cabang Mataram, Elvis Syahri, dan 80 orang mahasiswa penerima beasiswa yang berasal dari dua PTN di Provinsi NTB.

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Prijono menyebutkan, di tahun 2017 ini sebanyak 80 orang yang berasal dari dua PTN diberikan beasiswa program GenBI. Dari 80 orang mahasiswa penerima beasiswa GenBI ini, diantaranya 40 orang mahasiswa dari Unram dan 40 orang mahasiswa dari IAIN Mataram dari berbagai fakultas.

“Jumlah penerima beasiswa GenBI tetap 80 orang mahahasiswa. Tapi nominal uang beasiswa yang diterima terjadi penambahan,” sebut Prijono.

Jika di tahun 2016, uang beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa penerima sebesar Rp500 ribu/orang/bulan, maka di tahun 2017 ini bertambah menjadi Rp750 rbu/orang/bulan. Dengan demikian dalam 1 tahun setiap mahasiswa menerima uang beasiswa sebesar Rp9 juta. “Mahasiswa yang menerima beasiswa ini harus bisa membawa perubahan menuju ke arah yang lebih baik,” kata Prijono.

Menurut Prijono, pemberian beasiswa ini lebih diarahkan dalam peningkatan kualitas SDM yang memiliki daya saing serta menjadi sebagai panutan bagi masyarakat lainnya. Tidak hanya sebatas pintar, melainkan menjadi SDM yang cerdas menjadi memililiki moral dan etika, sehingga menjadi panutan di tengah masyarakat. “Beasiswa ini tujuannya itu menyiapkan generasi muda emas untuk masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik di masa mendatang,” ungkapnya.

Sementara Wakil Rektor III Unram, Dr. H. Muhammad Nasir menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bank Indonesia yang telah memberikan beasiswa dalam menyiapkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing di NTB. “Saya berharap mahasiswa yang menerima beasiswa ini betul-betul dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan,” ucapnya.

Nasir mengingatkan mahasiswa penerima beasiswa BI untuk betul -betul dilaksanakan penuh bertanggungjawab. Tentunya dengan terus meningkatkan prestasi akademik serta menjadi panutan di tengah masyarakat. Salah satunya dengan menjadi pemimpin dan mahasiswa yang bermoral, beretika dan cerdas. Generasi cerdas yang dimaksud adalah mahasiswa yang bisa memilah mana yang hak baik dan mana yang bathil.

“Banyak orang hebat, pintar dan bergelar akademik tinggi, tapi tidak bermoral, korupsi. Jadilah orang yang cerdas, bermoral dan beretika serta bermanfaat bagi orang lain,” imbuhnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid