Timnas Futsal Indonesia Fokus Taktikal

Timnas Bantai Kuantan Rangers Malaysia
Timnas Futsal Indonesia

MATARAM–Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia saat ini fokus membenahi taktik dan startegi. Pasalnya persiapan tinggal satu minggu menghadapi SEA Games yang akan berlangsung  di Malaysia 20 Agustus mendatang.

Di laga perdana, Timnas Indoesia berjuma dengan tim kuat Thailand. Saat ini 14 pemain yang akan diboyong terus digenjot latihan di GOR 17 Desember didampingi langsung oleh pelatih timnas Vic Hermans.

Pantauan Radar Lombok, timnas futsal Indonesia berlati dua kali dalam sehari. Ini dilakukan untuk mengintensifkan persiapan meski hanya satu minggu. Namun pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin.

Asisiten pelatih Timnas, Yori Van der Torren mengatakan, pihaknya saat ini fokus membenahi taktik dan starategi. Ini karena persiapan terlalu mepet. “14 pemain timnas futsal saat ini kita fokuskan kepada taktik dan starategi serta fisik,’’ katanya. Kamis (10/8).

Dijelaskan lebih lanjut, pemain saat ini sudah mendapatkan perlakuan khusus jelang menghadapi SEA Games 2017. Salah satunya adalah memonitor kondisi fisik mereka selama latihan dimanan ada alat pemantau detak jantung.

“Kita hanya memantau bagaimana proses pemulihan kondisi pemain saat pertandingan. Kalau detak jantungnya cepat kan memang harus diganti. Ada beberapa pemain dengan stamina yang belum optimal,” katanya.

Beberapa pemain yang belum mempunyai kondisi fisik optimal saat pertandingan mendapat program latihan khusus. Untuk pemain yang seperti ini pihaknya buat program khusus.

Ditanya terkait dengan target di SEA Games, pihaknya tidak menargetkan harus medali. Mengingat perhalatan SEA Games cukup mepet dengan AFF. Selain itu, banyak pemain senior yang akan mengisi komposisi pemain AFF Oktober nanti.

Sementara pelatih kepala Vic Hermans menyatakan, memilih untuk memfokuskan skuadnya memahami taktik untuk menghadapi lawanya nanti. “Sekarang kita bergantung kepada sedikit keberuntungan. Saya dan Yori juga harus mengakalinya. Mereka kami suguhkan sesi taktikal. Saat ini saya memikirkan bagaimana caranya para pemain bisa mencerna taktik hanya dalam satu  minggu. Itu yang menjadi kekhawatiran saya,” ungkapnya.  (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid