Tim Pilkada Provinsi Terima Hasil Penjaringan Pilbup Lobar

HANURA

MATARAM—Sesudah tim Pilkada DPC Partai Hanura Lombok Barat (Lobar) menuntaskan tahapan pembukaan penjaringan calon bupati dan wakil di Pilkada Lobar. Hasil penjaringan pun diteruskan kepada tim Pilkada DPD Partai Hanura Provinsi NTB.

“Kita sudah menerima hasil penjaringan calon kada di Pilkada Lobar,” kata Ketua tim Pilkada DPD Partai Hanura NTB, Yeyen Septian Rahmat, kepada Radar Lombok, Kamis kemarin (25/5).

Kendati demiian, ia tidak merinci bakal calon kepala daerah yang mendaftar dalam bursa penjaringan di Pilkada Lobar. Namun, dikatakan ada 7 kandidat sudah resmi mendaftar.

Selanjutnya, kata Yeyen, pihaknya akan menggelar survei internal terkait tingkat elektabilitas calon kepala daerah mendaftar tersebut. Direncanakan survei internal akan melibatkan struktur kepengurusan partai hingga level terendah.

Dari hasil survei internal itu dapat diketahui aspirasi dan dukungan kader dan pengurus Partai Hanura terkait figur diharapan dan dikehandaki dalam suksesi di Pilkada Lobar. “Adapun nanti juga tahapan penyampaian visi misi akan diserahkan kepada DPC Lobar,” ujar mantan anggota DPRD kota Mataram tersebut.

Nantinya, lanjutnya, dari hasil penjaringan di bursa pilkada Lobar pihaknya akan mengusulkan dan mengajukan dua atau tiga calon kepala daerah untuk diberikan rekomendasi atau persetujuan dari DPP. Hasil survei menjadi acuan dan pedoman bagi pihaknya dalam mengusulkan calon kepala daerah diusung di Pilkada. Keputusan akhir arah dukungan Partai Hanura ada di DPP.

Meskipun demikian, keputusan akhir DPP didasarkan pada rekomendasi dan usulan dari daerah. “Tentu kita usulkan yang punya elektabilitas tinggi dan punya potensi menang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Hanura NTB, Mudahan Hazdie menyatakan, pihaknya menjamin proses penjaringan calon kada Partai Hanura akan dilangsungkan secara transparan, objektif dan terbuka. “Ini sesuai dengan arahan dan instruksi dari DPP,” terangnya.

Karena itu, ia menyatakan bahwa semua kandidat mendaftar dalam bursa penjaringan Partai Hanura memiliki kesempatan dan peluang sama didukung dan diusung Partai Hanura dalam kontestasi baik di Pilkada NTB dan Pilkada kabupaten kota. Ia juga memastikan Partai Hanura sudah merampungkan pembentukan struktur kepengurusan partai hingga level terendah di desa/kelurahan.

Dengan struktur kepengurusan tersebut siap bekerja memaksimalkan dan mengoptimalkan kerja kerja politik kepartaian untuk memenangkan calon kepala daerah diusung di Pilkada serentak 2018. “Mesin politik partai Hanura siap bekerja memenangkan calon diusung,” pungkasnya. (yan)