Tim Penjaringan PON 2028 Turun Survei ke Sumbawa

SURVEI: Tim penyaringan dan penjaringan PON 2028 dari KONI Pusat ketika survei ke Samota, menyusul NTB dan NTT akan menjadi tuan rumah.

SUMBAWA–Tim Penyaringan dan Penjaringan (PON XXII) 2028 dari KONI Pusat melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumbawa Senin (22/8).

Ini dilakukan menyusul Provinsi NTB dan NTT menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII tahun 2028 mendatang.

Beberapa lokasi disurvey, sebagai calon tempat pertandingan (venue), salah satunya GOR Mampis Rungan.

Tim KONI Pusat yakni Wakil Ketua Bidang Organisasi – Kol Purn Ishak Setyadi Sjam dan Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi – Syamsuddin, diterima langsung Ketua KONI Sumbawa – Syamsul Fikri, didampingi Wakil Ketua – Varian Bintoro dan Agus Haryanto, Sekretaris – Tata Kostara, Kabid Organisasi – Amiruddin, Kabid Humas – Abet Kamaruddin serta lainnya, di Olive Food Court. Dalam kesempatan itu, hadir pula bupati yang diwakili Sekda Sumbawa – H Hasan Basri.

Baca Juga :  Ikut Kejurnas, Atlet IBA MMA Sumbawa Bawa Pulang Medali Emas
FOTO BERSAMA: Tim penyaringan dan penjaringan PON 2028 dari KONI Pusat foto bersama dengan Pengurus KONI Sumbawa.

Dalam pertemuan itu membahas terkait kesiapan Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu tuan rumah dari venue beberapa cabor yang akan dipertandingkan dalam PON 2028.

Bahkan KONI Sumbawa siap memperjuangkan agar Cabor yang bisa dipertandingkan di Sumbawa bisa lebih dari satu.

Hasan Basri mengungkapkan, ini adalah momentum sangat positif bagi daerah. Karena itu even nasional ini selayaknya Sumbawa bisa menjadi tempat untuk penyelenggaraan beberapa Cabor.  Meski pelaksanaannya di 2028, Sumbawa akan menyiapkan diri.

Ditemui usai pertemuab, Ketua KONI Sumbawa – Syamsul Fikri menjelaskan, saat ini pihaknya bersama Pemda Sumbawa sedang memperjuangkan beberapa Cabor PON di daerah ini, seperti Muaythai, Kick Boxing, Panahan dan Pacuan Kuda. Sementara Motocross atau MXGP sudah bisa dipastikan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa, tepatnya Sirkuit Samota.

Baca Juga :  Ikut Kejurnas, Atlet IBA MMA Sumbawa Bawa Pulang Medali Emas

Untuk memperjuangkan Sumbawa sebagai salah satu lokasi pelaksanaan beberapa Cabor di ajang PON 2028,  Fikri yang juga Wakil DPRD Sumbawa ini mengaku, daerah harus mempersiapkan diri sejak dini.

Segala fasilitas pendukung harus terbangun. “Kita harus perjuangkan ini. Karena sangat bagus untuk perkembangan daerah ke depannya,” pungkasnya.

Tim dari pusat yang tiba di Kabupaten Sumbawa, siang hari, langsung melakukan survey ke beberapa titik. Seperti di Samota, GOR Mampis dan di beberapa tempat lainnya.

“Lokasinya sangat strategis dan memungkinkan bila Kabupaten Sumbawa mengambil beberapa venue. Selanjutnya bergantung Pemerintah Kabupaten selaku pihak calon tuan rumah dan pihak PB PON NTB,” kata Ishak. (bia)

Komentar Anda