Tiket Murah MotoGP Diburu Warga

KECEWA: Sejumlah warga NTB yang datang ke agen penjualan tiket MotoGP di PT. GNE mengaku kecewa karena tiket yang sudah disiapkan bagi warga NTB sudah habis terjual.(Faisal Haris/Radar Lombok )

MATARAM – Animo masyarakat NTB nonton perhelatan MotoGP yang akan diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika cukup tinggi.

Pasalnya dari 10 ribu tiket yang diberikan diskon habis terjual dalam waktu singkat. Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan, Sadimin memberikan klarifikasi mengenai besaran diskon tiket MotoGP Mandalika yang diberikan pihak penyenggara tidak 80 persen tetapi 70 persen dari harga jual normalnya. Meski sebelumnya Gubernur NTB, Zulkifliemansyah menyebutkan bahwa penyelenggara memberikan diskon 80 persen khusus bagi warga NTB yang hendak membeli tiket MotoGP kelas festival. “Jadi bukan 80 persen (diskon tiket MotoGP) tapi diskon 70 persen,” kata Sadimin.

Jumlah tiket MotoGP Mandalika yang diberikan diskon sebanyak 10 ribu tiket. Dari jumlah tersebut, sambung Sadimin, pihaknya terlebih dahulu membeli tiket kepada penyelenggara dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,3 miliar. Lalu tiket tersebut dijualbelikan kepada masyarakat NTB. “Jadi dari 10 ribu tiket MotoGP yang diberikan diskon 70 persen sudah kita beli. Dan sudah kita jual habis baik untuk hari ketiga (day 3) maupun tiket paketan hari ke-2 dan ke- 3. Tinggal yang tersisa sekarang untuk hari ke-2. Itupun tinggal sedikit sisanya,” kata Sadimin.

Dalam penjualan tiket tersebut, Pemprov NTB menujuk PT GNE dan NTB Mall sebagai agen tempat penjualan tiket MotoGP khusus bagi warga NTB. Dari 10 ribu tiket yang diberikan terbagi menjadi tiga paket. Tiket hari ke- 2 sebanyak 4000 tiket, kemudian tiket hari ke-3 sebanyak 4.469 tiket dan tiket paketan hari ke-2 dan ke-3 sebanyak 1.531 tiket. “Tapi sisa untuk tiket hari ke-2 sampai hari ini (Senin,red) paling tidak sampai seribuan yang masih tersisa. Mudah-mudahan hari ini habis semua,” sambung Sadimin.

BACA JUGA :  Gubernur Siap Bahas Kasus GTI

Sadimin juga membeberkan harga tiket ini. Harga jual untuk tiket hari ke-2 Rp 110 ribu. Kemudian, tiket hari ke-3 dijual dengan harga Rp 160 ribu. Sedangkan untuk peketan hari ke-2 dan-3 dijual dengan harga Rp 245 ribu.

kini pihaknya telah meminta tambahan tiket khusus untuk hari ke-3 kepada penyelenggara. Pasalnya tiket hari ke-3 ini yang paling banyak diburu masyarakat. Namun, kata Sadimin jawaban dari penyelenggara tiket hari ketiga dengan diskon 70 persen sudah tidak ada lagi. Sehingga tidak bisa diberikan tambahan. “Kita sudah minta tambahan tiket hari ke-3. Tapi kata (penyelenggara) gelangnya sudah habis. Tapi kita berusaha lobi terus, hanya saja dari per tiket itu kita dikasi harga Rp 350 ribu untuk kelas festival. Tapi kita tidak berani ngambil takutnya nanti orang berpikir kita ambil untung dan lain sebagainya. Makanya kita tidak jadi ambil,” terangnya.

Supervisor NTB Mall Devi mengaku, sejak dibuka penjualan tiket MotoGP kelas festival langsung diburu oleh masyarakat. Bahkan dari kouta yang diberikan langsung ludes terjual. “Untuk tiket kelas festival yang kita jual di NTB Mall sudah sold (habis) pada Jumat lalu,” katanya.
Devi menuturkan, meski pemesanan tiket kelas festival tidak dijual secara online di NTB Mall, tapi animo masyarakat NTB cukup tinggi. Terlebih yang membeli tiket dari semua kalangan, baik dari kalangan anak muda maupun dari kalangan ibu-ibu dan bapak.

Tiket yang dijual NTB Mall sebanyak 500 tiket. Rinciannya tiket hari ke-3 sebanyak 300 tiket, tiket hari ke-2 sebanyak 100 tiket dan tiket paketan hari ke-2 dan ke-3 sebanyak 100 tiket. “Jadi kita dapat kouta hanya 500 tiket khusus kelas festival. Tetapi kita juga diberikan kouta tiket kelas Grandstand E dan I sebanyak 700 tiket. Maka kouta di NTB Mall baik kelas festival dan Grandstand totalnya 1.200 tiket,” tuturnya.

BACA JUGA :  Dewan Tuding LKPJ Gubernur tak Sesuai Fakta

Meski demikian, update hingga saat ini untuk penjualan tiket pihaknya masih melakukan direkapan. Apalagi untuk tiket kelas Grandstand baru dibuka pada Minggu (13/3) dengan harga per tiket tembus diharga Rp 1.100.000. “Dan sampai saat ini untuk kelas Grandstand masih tersedia. Jadi kami coba buka sampai pukul 05.00 sore hari ini (Senin) terakhir sesuai informasi yang sudah kami sampaikan. Kalau nanti masih ada sisi kuota kami akan informasikan lagi. Tapi kalau sudah habis kuotanya kami akan tutup, tidak menutup kemungkinan besok (hari ini) kami tidak jualan lagi atau kita diberikan kuota lagi,” pungkasnya.
Direktur Utama PT GNE NTB, Samsul Hadi juga mengakui jika tiket kelas festival yang dijual di PT GNE masih tersisa untuk hari ke-2 sekitar 1.100 tiket. Sedangkan tiket hari ke-3 dan tiket paketan hari ke-2 dan ke-3 sudah habis terjual. “Jadi yang masih tersisa tiket hari ke- 2, tapi belum direkap yang hari ini (Senin, red). Terakhir tinggal 1.100-an tiket hari ke-2,” ungkapnya.

Hadi melihat, tingginya animo masyarakat untuk pembelian tiket MotoGP tidak terlepas dengan adanya aturan bagi penonton MotoGP bebas swab Antigen atau PCR. Sehingga dari kouta tiket yang disiapkan langsung diburu oleh masyarakat khususnya bagi masyarakat NTB. (sal)