Tiket Masuk Taman Narmada Rp 50 Ribu Jadi Sorotan

Taman Narmada
TIKET : Suasana pengunjung di Taman Narmada Kabupaten Lombok Barat kemarin.

GIRI MENANG-Tiket masuk taman Narmada yang naik dari 15 ribu menjadi Rp 50 ribu untuk wisatawan mancanegara jadi sorotan banyak pihak. Bagi perusahaan travel, tarif itu terlalu mahal dan berpotensi membuat taman ini sepi pengunjung. Manajemen taman dianggap tidak memahami kondisi pariwisata Lombok Barat yang tengah lesu.
Sorotan disampaikan oleh Wakil Ketua HPI Lobar, Hanan, kemarin. Kenaikan tarif masuk ini dianggap akan memberikan dampak buruk.”Harga tiketnya terlalu mahal,” ungkapnya kepada Radar Lombok.

Bagi pengusaha travel seperti Hanan, daya tarik taman tidak sebanding dengan tarif yang dipatok. Ia mencontohkan, jika travel membawa 40 orang wisatawan, maka biro perjalanan akan membayar Rp 2 juta untuk satu objek wisata Taman Narmada saja.”Harganya kemahalan dengan fasilitas yang minim,” ungkapnya.

Seharusnya kalau mau menaikkan harga tiket, katanya, jangan terlalu drastis naiknya. Di lain sisi manajemen harus membarenginya dengan peningkatan fasilitas.”Seyogyanya kenaikan harga tiket masuk diikuti oleh peningkatan layanan fasilitas, namun selama ini belum ada peningkatan,” tambahnya.

Malah Hanan menyebut kenaikan harga tiket masuk ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya di saat dirinya membawa tamu, harga tiket masuk taman Narmada hanya Rp 10 ribu. Berselang dari itu ia kembali datang membawa tamu, tiketnya sudah seharga Rp 15 ribu.”Kami berharap penyesuaian tiket masuk dibarengi dengan perbaikan layanan fasilitas agar Taman Narmada menarik untuk di kunjungi wisatawan,” ungkapnya.

Keluhan juga disampaikan oleh pelaku wisata lainnya, Rudy Lombok. Lewat akun Facebooknya, ia mengkritik kenaikan drastis harga tiket Taman Narmada. Ia menganggap kebijakan ini justru membuat pariwisata Lombok Barat kian terpuruk. Postingannya ramai oleh komentar yang bernada sama dari para netizen. “ Yang begini bikin rusak pariwisata NTB,” ungkapnya.

Direktur PT Tripat selaku pengelola Taman Narmada, H. Poniman, juga tidak mau memberikan jawaban saat dihubungi koran ini baik melalui telpon maupun WA.
Pantauan koran ini kemarin siang, Taman Narmada ramai oleh wisatawan lokal. Di loket tiket tidak ada terpampang harga tiket, baik untuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Kalau pengunjung mau menikmati kolam renang di dalam taman, pengunjung harus membayar lagi sebesar Rp 7 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaKodrat Berharap Atlet Andalannya Bisa Dipulangkan
Berita berikutnyaWaspada Penyakit di Musim Hujan