Tiket Mandalika Track Day Dijual Mulai Rp 10 Ribu-30 Ribu

SIRKUIT: Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjad lokasi event Mandalika Track Day pada 21 Mei 2022 mendatang. (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYAMandalika Grand Prix Association (MGPA) akan menggelar event Mandalika Track Day pada 21 Mei 2022 mendatang di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Hal ini dilakukan sebagai upaya turut mendukung perkembangan olahraga otomotif di tanah air.

Dalam event ini, komunitas serta pembalap akan diajak untuk mengelilingi sirkuit yang akrab disebut Sirkuit Mandalika itu menggunakan kendaraan khusus. Event ini sendiri terbagi menjadi tiga agenda, yaitu track day, drift show dan drift coach.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menyatakan, event yang akan diselenggarakan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi MGPA dalam memperkenalkan dan turut mendukung perkembangan olahraga otomotif di Indonesia, khususnya NTB. Selain itu, event ini juga mereka gelar dalam meramaikan sirkuit pasca event balap internasional MotoGP Maret 2022 lalu melalui kegiatan otomotif yang fun. “Kegiatan Track Day terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pagi dan sesi sore. Kedua sesi ini akan diikuti oleh 50 partisipan yang mengendarai dua mobil balap touring, 25 mobil dan 30 motor. Bagi peserta yang mengikuti kegiatan Track Day diwajibkan untuk membatasi kecepatan maksimal hingga 100 km perjam,” terang Priandhi Satria, Kamis (19/5).

Pembatasan kecepatan ini merupakan bentuk antisipasi mereka kepada para pengendara karena para komunitas belum terbiasa dengan lintasan Sirkuit Mandalika dan bukan pembalap profesional. Selain itu, event juga akan diisi dengan drift show yang diikuti oleh 8 drifter profesional serta terbagi menjadi dua sesi, yaitu single drift show dan tandem drift show. “Pada sesi drift show ini, drifter profesional akan mengendarai empat kendaraan dan menampilkan tiga hingga lima kali drifting di sejumlah tikungan sirkuit. Nantinya, di setiap sesi drifting akan mengikutkan satu orang untuk duduk di samping pengemudi,” terangnya.

BACA JUGA :  MXGP of Indonesia 2022 di Samota Resmi Dilaunching

Priandhi menjelaskan, drifting adalah seni keterampilan teknik mengemudi dengan kecepatan tinggi diimbangi dengan kontrol mobil. Pengemudi harus menguasai teknik menyetir. Di mana pengemudi akan membuat posisi mobil menjadi miring dan meluncur dari sisi ke sisi pada kecepatan setinggi mungkin. “Dengan event ini, kami berharap masyarakat semakin mengenal jenis olahraga otomotif ini,” tegasnya.

Lebih jauh disampaikan, guna semakin memperkenalkan olahraga drift, pada event ini juga dilaksanakan pelatihan drifting. Pelatihan drifting ini dilaksanakan pada sesi drift coach di area paddock. Dalam kegiatan ini, para drifter nasional akan memberikan training mengenai teori drifting kepada 10-15 orang drift star dan rookie untuk mengikuti coaching. Coaching ini juga bertujuan untuk mencari bibit pembalap drifting baru dengan komunitas Indonesian Drift Community. “Untuk itu, kami mengundang drifter pro dari Jakarta untuk mengajarkan mengenai dunia drifting kepada talenta-talenta baru drifter. Di samping itu, kami juga mengundang para drifter muda dari Pulau Bali untuk mengenalkan know-how-nya. Kami berharap dengan ajang ini akan membantu munculnya bibit pembalap drifting berbakat baru,” jelasnya.

BACA JUGA :  MXGP of Indonesia 2022 di Samota Resmi Dilaunching

Pada Jumat 20 Mei 2022 akan dilakukan persiapan Mandalika Track Day, berupa loading kendaraan, registrasi ulang peserta, pemasangan sticker pada kendaraan peserta, safety briefing, serta circuit track walk. “Kegiatan circuit track walk ini wajib diikuti oleh seluruh partisipan sebelum dinyatakan laik mengikuti Track Day,” terangnya.

Sementara bagi masyarakat yang ingin masuk dan menyaksikan acara ini, terdapat tiket berbayar yaitu Rp 10.000, per orang, Rp 20.000, untuk motor dan satu pengendara, serta Rp 30.000, untuk mobil dan satu pengendara. Tiket akan dijual secara on the spot dan dapat dibeli di ticket box yang terletak di pintu masuk gerbang biru. “Kami berharap event ini dapat semakin menyemarakkan iklim olahraga otomotif sekaligus menarik banyak penyelenggara untuk menggelar event otomotif di sirkuit kami. Selain itu, kami berharap event ini semakin mendukung positioning kawasan Mandalika sebagai destinasi pariwisata sport tourism unggulan di Indonesia dan pada akhirnya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan ini,” harapnya. (met)