Tiket Diskon 75 Persen, WSBK 2023 Ditargetkan 75 Ribu Penonton

WSBK MANDALIKA: Tampak para pembalap ketika sedang beraksi di Sirkuit Mandalika, pada gelaran WSBK tahun 2022 lalu. (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan jumlah penonton balap motor pada event World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika yang akan berlangsung pada 3-5 Maret 2023 mendatang, sebanyak 75 ribu orang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Jamaluddin Maladi, pada saat dilauching event WSBK Mandalika 2023 di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Saat dilaunching WSBK 2023 di Jakarta beberapa waktu lalu, Pak Menteri menaikkan target jumlah penonton. Yang awal dari penyelenggaran memasang target 60 ribu orang, tapi Pak Menteri mematok jumlah penonton sebanyak 75 ribu orang,” kata Jamaluddin di Mataram, Selasa (17/1).

Jamaluddin menuturkan, pada awalnya ada tiga opsi usulan target jumlah penonton pada gelaran WSBK Mandalika. Pertama dari pihak penyelenggara dalam hal ini PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menargetkan sebanyak 60 ribu orang. Namun Menparekraf  naikan terget menjadi 75 ribu orang. Sementara Gubernur NTB memasang target sebanyak 100 ribu orang.

Baca Juga :  Laporan Ketua DPRD NTB Naik Penyidikan

Tetapi yang diputuskan pada akhirnya diangka 75 ribu orang. “Kenapa diputuskan 75 ribu orang, seperti kata Pak Menteri. Supaya bangga orang Indonesia berwisata, termasuk ke Lombok, dan biar ramai kunjungan wisatawan ke Indonesia,” ujarnya.

Karena itu sambung Jamaluddin, yang juga selaku Komandan Lapangan Gelaran WSBK Mandalika 2023 ini, bahwa MGPA memberikan diskon sebesar 75 persen untuk pembelian tiket nonton WSBK Mandalika 2023, yang telah mulai dijual pada Kamis (12/1) lalu.

Baca Juga :  Kasus Kredit Fiktif, Eks Bendahara Polda Segera Dihadirkan di Sidang

“Jadi wajar Pak Menteri targetkan 75 ribu orang. Karena tiket diberikan diskon 75 persen. Sehingga itu jadi alasannya,” tambahnya.

Seperti diketahui, MGPA selaku promotor menyediakan diskon “early bird” 75 persen mulai tanggal 12-30 Januari untuk semua kategori, yaitu general admission, regular grandstand, premium grandstand, premier class dan deluxe class dengan kuota terbatas.

Tiket terdiri dari tiket terusan selama tiga hari (Jumat-Sabtu-Minggu) yang dimulai pada harga Rp 250.000 hingga Rp1.250.000. Kemudian tiket harian pada Minggu mulai dari Rp250.000 hingga Rp1.250.000.

Selanjutnya untuk jenis tiket Premier Class dibanderol harga sebesar Rp.5.500.000, dan Deluxe Class seharga Rp3.500.000. “Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Xplorin, Loket.com, Tiket.com, dan Mytours,” pungkas jamaluddin. (sal)

Komentar Anda