Tiga TKI Dinyatakan Positif Corona

DIPULANGKAN : Setelah menjalani masa karantina di Rusunawa Labuhan Lombok, para TKI dipulangkan ke rumah mereka masing-masing.(Ist for Radar Lombok)

SELONG– Tiga orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lombok Timur yang belum lama ini dipulangkan dari Malaysia terpapar Corona. Tiga orang yang positif ini merupakan TKI yang  dipulangkan di tahap kedua dan menjalani karantina di Rusunawa.

Ketiga TKI ini terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab dan pemeriksaan kesehatan yang kedua. Mereka langsung  dibawa ke Rumah Sakit Labuhan Haji untuk diberikan penanganan intensif dari Satgas Covid-19.”  Sampai sekarang ini tiga orang yang positif itu masih dirawat  Labuhan Haji,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertrans) Lotim, H. Supardi, kemarin. 

Diketahui, total ada 160 TKI yang telah  menjalani masa karantina selama lima hari.  Di tahap pertama jumlah TKI yang dipulangkan dari Malaysia ada 79 orang. Sedangkan di tahap dua 81 orang. TKI ini diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan dua kali. Tapi 79 TKI  yang dipulangkan di tahap pertama ini setelah dua kali dilakukan pemeriksaan kesehatan, semuanya dinyatakan bebas Covid-19. Mereka pun langsung dipulangkan ke rumah masing-masing.” Tiga yang positif ini merupakan bagian dari 81 TKI yang dipulangkan di tahap kedua. Itu berdasarkan hasil swab ” imbuhnya.

Ke-160 TKI tersebut jelas dia, semuanya telah selesai menjalani karantina. Mereka dipulangkan  kecuali tiga orang yang positif  yang diharuskan untuk menjalani perawatan lebih lanjut di Rumah Sakit Labuhan Haji.

Ia menambahkan, pemulangan para TKI dari Malaysia masih terus berlanjut. Bahkan Kamis (28/1), ada 101 TKI  Lotim dari Malaysia tiba di Lombok. Proses penangananya juga sesuai protokol kesehatan (Prokes). Mereka diharuskan menjalani karantina selama dua hari dan juga dilakukan pemeriksaan kesehatan.” Pemulangan TKI dari Malaysia ini kembali diperpanjang oleh pemerintah Malaysia. Mereka dipulangkan pada hari Kamis dan Sabtu,” tutup Supardi.(lie)