Tiga Siswa MAN 2 Mataram Wakili Indonesia

MAN 2 Mataram Wakili Indonesia
MELEPAS : Kepala Kanwil Kemenag NTB, H Nasruddin pose bersama siswa MAN 2 Mataram yang akan berangkat ke Manila Filiphina, pada 6-11 September 2019.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

Diajang The World Scholar’s Cup di Filiphina

MATARAM –  Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram akan membawa nama Indonesia di kancah internasional, yakni di ajang The World Scholar’s Cup yang akan dilaksanakan di Manila, Filipina pada 6-11 September 2019.  Keberangkatan tiga siswa MAN 2 Mataram tersebut dilepas langsung oleh Kanwil Kemenag NTB H Nasruddin, Senin kemarin (2/9).

Adapun tiga siswa MAN 2 Mataram yang akan mewakili NTB dan nasional di ajang ‘The World Scholar’s Cup’ di Manila, Filipina, diantaranya Caliana Alula, Khansa Farinda Khalishas dan Maulana Muhammad Fikri dan didampingi guru pemina, yakni Fina Karismayanti. Dalam kompetisi tersebut, ketiga siswa MAN 2 Mataram akan mengikuti empat kateori lomba, yakni English Debate, Colaborative Writing, Scholar’s Challange dan Scholar’s Bowl.

Kepala Kanwil Kemenag NTB, H Nasruddin mengaku bangga atas prestasi ditorehkan siswa MAN 2 Mataram dengan mampu menjadi wakil NTB dan nasional di ajang internasional yang dilaksanakan di Manila, Filipina.

“Kita harus mendukung dan mendoakan mereka, agar bisa menjadi yang terbaik dalam kompetisi The World Scholar’s Cup . Tidak ada kata tidak mungkin kepada siapapun, sepanjang kita benar-benar mau belajar untuk mendapatkan apa yang kita inginkan”, kata Nasruddin.

Dikatakannya, pengiriman peserta The World Scholar’s Cup dari siswa  MAN 2 Mataram ini dapat terlaksana tentu atas kegigihan dan upaya secara terus menerus dalam meningkatkan pengetahuannya, baik di bidang akademik maupun d ibidang budaya. Sehingga dalam kualifikasi regional yang dilaksanakan di Bali beberapa, dinyatakan lolos untuk mengikuti  kegiatan yang bertaraf internasional ini.

“Dengan bersama-sama membaca umul kitab, kami melepas keberangkatannya ke Manila, Filiphina untuk mengikuti The World Scholar’s Cup. Semoga sukses meraih prestasi gemilang,”  ujarnya.

Sementara Pembina MEC Fina Karismayanti  mengatakan, Perwakilan Madarasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram berhasil lolos dalam seleksi Global Round yang diadakan oleh DEMIDEC The World Scholar’s Cup di Bali pada 8-9 Mei 2019.  Tim dari MAN 2 Mataram masuk 10 besar menempati urutan ke-7 dan berhak mewakili Indonesia  di ajang Global Round di Manila Filiphina.

“Sebenarnya kita mau mereka berkompetisi di  Sydney, Australia pada 15-20 Agustus 2019. Namun karena ada kendala teknis, makanya kita mengambil di Manila, Filiphina,” terangnya.

Menurutnya, Tim dari MAN 2 Mataram masuk 10 besar, sehingga dapat tiket ke Global Round yang berada di Sydney Australia, Manila Filiphina, Kazakstan dan Amesterdam dan Beijing. Mereka bersaing dengan 219 tim Mostly International School satu tim terdiri dari tiga siswa. Namun hanya 10 besar yang berhak melanjutkan ke Internasional.

 Kegiatan ini pertamakali dikuti MAN 2 Mataram dan berhasil tembus ke tingkat internasional. Jenis mata lomba yang akan diikuti yakni,  Collaborative Writing, Scholar’s Challenge, Debating Compatition dan Scholar’s Bowl.

“Alhamdulillah, tim MAN 2 Mataram berhasil menujukkan kemampuan terbaiknya diajang tersebut,” katanya

Menurutnya, persiapan mengikuti kompetisi itu sudah dipersiapkan dengan maksimal dengan harapan bisa juara.  Untuk diketahui,  di Manila Filiphina mereka akan bersaing dengan 30 Negara di ajang tersebut dan ini persaingan akan ketat. Sebab mereka yang lolos ini tentunya mempunyai kemampuan lebih.

“Kita berharap tim MAN 2 Mataram berhasil meraih juara di Debating Compatition dan

Sementara itu, Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki memberi apresiasi kepada siswa MAN 2 Mataram yang telah berprestasi.

“Alhamdulillah, semoga mereka bisa berhasil menujukkan kemampuan terbaiknya diajang Internasional dan mendapat medali,” imbuhnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid