Tiga Pengedar Sabu Diringkus

DIAMANKAN : Tiga orang pelaku asal Lombok Timur yang berhasil diamankan Satnarkoba Polres Lombok Tengah. ( ISTIMEWA/RADAR LOMBOK )

PRAYA – Satnarkoba Polres Lombok Tengah berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu. Ketiga pelaku ini diamankan saat berada di Dusun Samarkaton Desa Sisik Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah pada Kamis malam (23/11) karena diduga sebagai pengedar barang haram yang selama ini meresahkan masyarakat.

Ketiga pelaku yang berhasil diamankan ini semuanya pria yang berasal dari Lombok Timur dan masing-masing berinisal PI, 23 tahun asal Dusun Rumeneng Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik, yang kedua inisial AI, 20 tahun warga Dusun Kebun Belo Bilesundung Utara Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik dan yang ketiga inisial DO, 19 tahun asal Dusun Rumeneng Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik.

Kasatnarkoba Polres Lombok Tengah IPTU Derpin Hutabarat ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tiga terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu ini. Penangkapan para pelaku ini tidak terlepas dari tindaklanjut dari aparat kepolisian berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa di Dusun Samarkaton Desa Sisik Kecamatan Pringgarata sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari masyarakat itulah kemudian menjadi dasar petugas dengan gerak cepat melakukan penelusuran, penyelidikan dan pendalaman. Setelah memastikan informasi masyarakat ini valid, kemudian kita melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku dan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan di sekitar tempat kejadian perkara (TKP),” ungkap IPTU Derpin Hutabarat, Jumat (24/11).

Setelah melakukan penggeledahan kemudian petugas mengamankan tiga orang pelaku ini dan dari hasil penggeledahan ketiga terduga pelaku di lokasi penangkapan, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti (BB) narkotika diduga jenis sabu dan berbagai barang bukti lainnya. “Dari tangan para pelaku ini kami berhasil mengamankan barang bukti 5 (lima) bungkus plastik klip transparan, 3 (tiga) bungkus berisikan kristal bening di duga narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu dengan berat kotor atau Bruto 3,73 gram. Termasuk juga kita berhasil mengamankan dua bungkus plastik klip kosong dan tiga unit HP android,” tegasnya.

Saat ini para pelaku masih terus menjalani pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut untuk mengetahui asal muasal barang yang ada di tangan para pelaku. Petugas juga masih mendalami peran dari masing- masing pelaku. Disatu sisi petugas juga menghimbau kepada masyarakat yang mengetahui aktivitas transaksi narkoba agar bisa langsung melapor ke petugas kepolisian.

“Untuk sementara seluruh barang bukti dan terduga pelaku telah kita amankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Yang jelas kasus ini masih terus kita kembangkan guna memburu pelaku lainnya yang menjadi tempat pelaku mengambil barang haram itu. Pelaku disangkakan melanggar pasal 114 ayat (1) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika yakni menjual dengan ancaman hukuman paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun penjara,” terangnya. (met)

Komentar Anda