Tiga Parpol Sepakat Berkoalisi

Tiga Parpol Sepakat Berkoalisi
KOALISI: Ketua DPD Nasdem Loteng, Ahmad Samsul Hadi (dari kiri), Ketua DPC PDIP Loteng, Suhaimi, Ketua DPC Hanura Loteng, M Fihirudin, dan kader Partai Demokrat, M Samsul Qomar menunjukkan surat pernyataan koalisi.(M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Tiga partai politik sepakat untuk membangun koalisi untuk menghadapi pilkada Lombok Tengah tahun ini. Ketiganya yakni PDIP, Partai Hanura, dan Partai Nasdem. Kesepakatan koalisi ini ditandantangani langsung oleh tiga petinggi partai tersebut.

Koalisi tiga partai ini terbangun setelah ketiganya gencar melakukan pertemuan. Sehingga mereka bersepakat untuk bersama-sama dalam pilkada tahun ini. Mereka sepakat untuk berkoordinasi dan konsolidasi terpimpin dalam rekrutmen atau proses rekrutmen dan pengusungan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati 2020-2024. Koalisi ini akan mengedepankan keterbukaan dan kesantunan politik untuk Lombok Tengah lebih baik.

Bukti koalisi ini ditandatangani Ketua DPC PDIP Lombok Tengah, Suhaimi, Ketua DPC Partai Hanura Lombok Tengah, M Fihirudin, dan Sekretaris DPD Partai Nasdem Lombok Tengah,  Achmad Samsul Hadi.

Ketua DPC PDIP, Suhaimi mengatakan, koalisi ini berangkat dari kesepahaman bersama tentang kondisi Lombok Tengah. Koalisi ini sudah dipersiapkan matang sebelum akhirnya tercapai suatu kesepakatan. “Koalisi ini terbangun setelah melakukan komunikasi intens. Kita sepakat untuk bersama di pilkada mendatang. Koalisi ini akan bertahan guna memenangkan pasangan calon yang diusung dalam pilkada nanti dan kita akan tetap melakukan koordinasi dalam mengikuti kontestasi pilkada mendatang,” ungkap Suhaimi saat mendandatangani surat kesepakatan koalisi di rumah makan Bagek Rende Kecamatan Praya, Rabu (8/1).

Ketua DPC Partai Hanura Lombok Tengah, M Fihirudin menimpali, koalisi ini bukan koalisi penggembira belaka, tapi koalisi yang dibentuk untuk menang. Ia memastikan koalisi ini akan bergerak masif memenangkan pasangan calon bupati dan wakil bupati nantinya. Meski pihaknya belum bersedia membeberkan siapa yang mereka akan usung nantinya. “Kita membentuk koalisi bukan untuk sekadar sorak-sorakan atau cheerleaders. Tapi koalisi ini ingin menang dalam pertarungan pilkada tahun 2020. Kita akan tetap solid dalam memenangkan pilkada mendatang. Karena dalam kesepakatan ini, apapun yang dilakukan harus memiliki prinsip keterbukaan,” timpalnya.

Senada ditambahkan Sekretaris DPD Partai Nasdem Lombok Tengah, Achmad Samsul Hadi, terbentuknya koalisi ini setelah memetakan siapa kandidat yang akan diusung nantinya. Sosok yang akan diusung harus punya kapasitas, kapabilitas dan integritas. Selain itu, figur yang akan diusung nanti ialah calon kepala daerah yang serius ingin mencalonkan diri dan ingin menang. “Sebenarnya koalisi ini ada 13 kursi, tapi karena salah satu partai yang satunya tidak datang. Maka kami tiga partai ini yang berkoalisi. Kemungkinan partai koalisi akan bertambah dan tidak bisa berkurang. Yang jelas kita memiliki komitmen yang sama dalam pilkada  mendatang,” terangnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid