Tiga Nama Calon Sekda Ditetapkan

CALON SEKDA : Tim pansel sudah menetapkan tiga besar calon Sekda Kota Mataram dan akan diserahkan ke Wali Kota Mataram hari ini. (ALI MA’SHUM/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Setelah melalui proses tahapan yang cukup panjang, Tim Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Mataram sudah menetapkan tiga nama calon Sekda Kota Mataram. Lima anggota tim pansel sudah menggelar rapat untuk perangkingan akhir empat peserta yang mengikuti tahap seleksi. Kemudian mengerucut menjadi tiga besar dan menjadi hasil akhir seleksi yang dilaksanakan tim pansel. ‘’Sudah (penetapan tiga besar),’’ ujar Ketua Tim Pansel Sekda Kota Mataram, Prof Dr H Zainal Asikin kepada Radar Lombok, Rabu (24/5).

Seluruh nilai empat calon sekda dikompulir, mulai nilai kompetensi bidang, kompetensi manajerial, dan hasil assesment. Penilaian juga mencakup rekam jejak yang dikumpulkan oleh tim pansel dan menghasilkan tiga nama peraih nilai tertinggi di seluruh tahapan seleksi. Namun untuk nama tiga besar calon Sekda Kota Mataram ini, tim pansel menutup rapat informasinya. Daftar tiga besar calon sekda hasil seleksi tim pansel akan diserahkan ke Wali Kota Mataram hari ini (25/5). ‘’Besok (hari ini) diserahkan,’’ katanya.

Setelah tiga besar calon Sekda ditetapkan, ketiganya masih harus mengikuti proses selanjutnya mengikuti tes kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk tim pansel. ‘’Untuk tes kesehatan kita sudah kirimkan surat ke RSUD Kota Mataram. Kemudian ke Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma untuk psikologi. Ada tes bebas narkoba juga. Mereka nanti tinggal datang ke sana,’’ ungkapnya.

Baca Juga :  Belum Ada Pejabat Minta Izin Nyalon Sekda

Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana mengaku menunggu tiga besar calon Sekda Kota Mataram hasil penjaringan tim pansel. Dia mengatakan sama sekali tidak menerima informasi tentang jalannya seleksi calon sekda. Informasi dia peroleh secara mandiri dari pemberitaan media. Tujuannya tak lain untuk memberikan kesempatan luas kepada tim pansel bekerja secara objektif. ‘’Mereka (tim pansel) juga punya tolak ukur untuk melihat kapasitas dari pada calon-calon sekda ini. Nanti kita lihat dan tunggu dulu hasilnya,’’ katanya.

Dia juga mengaku belum mendapat informasi tentang kapan tiga besar calon sekda diserahkan oleh tim pansel. Sebagai informasi, seleksi calon Sekda Kota Mataram diikuti oleh empat peserta. Mereka adalah Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang. Asisten II Setda Kota Mataram, Lalu Alwan Basri. Kepala Dinas PUPR Miftahurrahman dan Kasatpol PP Irwan Rahadi. ‘’Saya belum tahu kapan diserahkan, kita tunggu saja,’’ tandasnya.

Sementara empat calon sekda yang sudah mengikuti seluruh tahapan seleksi mengaku menyerahkan sepenuhnya hasil akhir penilaian oleh tim pansel. Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang mengatakan, seluruh peserta cukup enjoy (santai) mengikuti tahapan seleksi.  ‘’Teman-teman tulus, ikhlas dan melakoni ini dengan istikomah. Prosesnya itu terlakoni betul dengan baik dan semua menunjukkan kita mengikuti seluruh proses dan prosedur. Kita kan memberikan tawaran-tawaran gagasan sesuai dengan visi misi kami,’’ katanya.

Baca Juga :  Pansel Sekda Dimajukan

Asisten II Setda Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menyampaikan, tahapan seleksi untuk menawarkan ide dan gagasan yang bisa mendukung pekerjaan kedepannya. Ide dituangkan secara tertulis dan dijelasakan lagi secara lisan kepada tim pansel. Seleksi diikuti sebagai bagian dari ikhtiar membangun Kota Mataram. ‘’Kita semua berikhtiar untuk hasil yang terbaik diantara yang baik-baik ini. Kalau hasilnya kita serahka ke tim pansel. Kita hanya menyampaikan ini lho ide dan inovasinya. Ide kita berempat cukup relevan dengan kondisi di Kota Mataram,’’ jelas Alwan.

Kepala Dinas PUPR, Miftahurrahman mengatakan seluruh tahapan dan prosedur sudah diikuti. Seluruh tahapan diikuti dengan tenang, bahkan masih bisa bercanda dengan seluruh peserta seleksi. ‘’Kita menikmati semua proses itu, selebihnya untuk hasilnya kita serahkan penilaian tim pansel,’’ ungkapnya.

Kasatpol PP, Irwan Rahadi mengatakan, tahapan seleksi dilakoni dengan lancar. Dia pun cukup santai mengikuti proses seleksi calon sekda karena bukan seperti pertandingan. ‘’Ini bukan pertandingan, kita semua bersaudara di sini. Namanya saja proses seleksi, ini momen langka kita bisa beberapa hari bersama. Hasilnya ya kita serahkan ke tim pansel,’’ kata Irwan. (gal)

Komentar Anda