Tiga Kapolsek Diganti

Tiga Kapolsek Diganti
SERTIJAB: Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto, ketika menghadiri Sertijab tiga pejabat Kapolsek di lingkup Polresta Mataram, Rabu kemarin (5/2).( DERY HARJAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Rotasi jabatan Kapolsek kembali bergulir di Polresta Mataram. Kali ini ada tiga Kapolsek yang resmi dirotasi. Ke tiga Kapolsek yang berganti ini adalah Kapolsek Mataram yang sebelumnya dijabat oleh Kompol Yusuf, kini digantikan oleh AKP Rafles P Girsang. Rafles sebelumnya menjabat Kasatreskrim Polres Lombok Tengah. Sementara Kompol Yusuf mengisi posisi baru sebagai Kabag Sumda Polres Lombok Utara.

Selanjutnya Kapolsek Lingsar, Iptu Gede Sukartha digantikan oleh AKP Dewi Komalasari yang sebelumnya menjabat Wakapolsek Cakranegara. Gede Sukartha selanjutnya menjabat KBO Satlantas Polresta Mataram.

Kemudian Kapolsek Pagutan, Iptu Agus Rachman beralih kepada Iptu Surya Irawan, SH. Agus selanjutnya mengisi jabatan baru sebagai Kanit Lantas Polsek Cakranegara. Pergantian ini melalui upacara serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto, bertempat di Gedung Wira Pratama Mapolresta Mataram.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan hal yang wajar dan biasa. Ini terjadi untuk kepentingan organisasi yang bertujuan meningkatkan efektifitas dan efisiensi tugas satuan. Serta memberi kesempatan kepada pejabat yang bersangkutan untuk lebih memantapkan diri dalam meniti karier dan pengabdian serta menambah pengalaman. “Mutasi dan pergantian jabatan di lingkungan Polri itu hal biasa, untuk penyegaran organisasi,” ungkap Guntur, Rabu (5/2).

Guntur mengatakan, salah satu tuntutan masyarakat terhadap Polri, adalah terbentuknya sumber daya manusia Polri yang profesional untuk dapat melaksanakan komitmennnya. Yaitu sebagai Harkamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, sehingga sumber daya manusia merupakan aset terpenting bagi organisasi Polri.

“Karena itu, sesuai tuntutan masyarakat terhadap institusi Polri, yaitu akuntabel dan kompeten. Maka diperlukan langkah-langkah strategis. Diantaranya perubahan personil dalam pengembangan sumber daya manusia agar harapan masyarakat tercapai dan penegakan supremasi hukum dapat berjalan dengan baik, yaitu sesuai dengan ketentuan dan prosedur hukum yang berlaku,” paparnya.

Kapolresta juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan, serta rasa bangga atas kerja yang dilakukan pejabat lama. Sementara untuk pejabat baru diminta melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilaksanakan pejabat sebelumnya. “Yang baik dipertahankan, dan yang kurang diperbaiki,” pinta Guntur.

Sertijab ini diikuti seluruh PJU Polresta Mataram. Turut juga hadir Pengurus Bhayangkari Cabang Mataram dan jajaran personel Polresta Mataram. (der)