Tiga Hari Yang Sangat Menentukan

Luis Milla Pelatih Timnas U-22 Saat Sesi Latihan

JAKARTA – Audisi pemain untuk bisa memperkuat Timnas U-22 mulai memasuki tahap akhir. Dan, kesempatan pamungkas itu hanya ditentukan dalam tiga hari kedepan. Muai hari ini (7/3) hingga Kamis (9/3). Ya, sang pelatih, Luis Milla memanfaatkan tiga hari tersebut untuk melihat pemain mana yang layak masuk skuad proyeksi SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Agustus nanti. 

Pelatih asal Spanyol ini menyebutkan, sebagian besar pemain yang dipanggil dalam seleksi tahap ketiga itu, sejatinya sudah dianggap memiliki kualifikasi membela timnas. "Tapi, ada beberapa pemain yang harus kami lihat kembali kemampuan mereka. Dan, mereka harus bisa bekerja lebih maksimal lagi dalam kesempatan terakhir ini," kata Milla. 

Hanya saja, pria berusia 52 tahun yang pernah membawa Timnas Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011 silam itu enggan menyebutkan pemain mana saja yang statusnya sudah aman, begitu juga yang belum aman. Alasan Milla cukup rasional, kalau pemain – pemain yang sudah aman diumumkan, maka mereka akan merasa nyaman. 

Meski begitu, Milla menyebutkan, dalam pembentukan skaud timnas tersebut, dia bersama tim pelatih tidak hanya terpasung pada 26 pemain yang dipanggil dalam seleksi tahap ketiga yang akan berlangsung di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci – Tangerang, Banten itu saja. Melainkan juga dari seleksi tahap pertama dan kedua. 

"Poinnya adalah, kami memberikan kesempatan kepada semua pemain Indonesia yang memiliki kualitas untuk membela tim ini. Apalagi mereka yang sudah pernah ikut seleksi bersama kami sejak tahap awal," timpalnya. "Kami saat ini sedang mencari 25 pemain terbaik yang bisa bekerja dalam sebuah tim dengan baik," lanjut dia. 

Dalam seleksi tahap akhir tersebut, Milla tetap akan menyeleksi 26 pemain. Sebab, dia sudah memanggil pengganti dua penggawa Bhayangkara FC, Putu Gede Juni Antara dan Hargianto yang berhalangan bergabung lantaran harus mengikuti pelantikan sebagai anggota Polri ,serta Bagas Adi Nugroho yang sedang mengalami cedera bersama Arema. 

Pemain yang baru dipanggil oleh Milla untuk menggantikan mereka yang berhalangan gabung dalam seleksi tahap ketiga tersebut, adalah dua penggawa Barito Putera, Nazar Nurzaidin (bek), dan Paulo Oktavianus Sitanggang (tengah), serta Yabes Roni Malaifani yang juga seorang gelandang asal Bali United FC. 

Osvaldo Ardiles Haay, pemain muda Persipura Jayapura yang dipanggil untuk ikut dalam seleksi tahap ketiga itu, mengaku bahwa dia sudah sangat siap untuk memberikan yang terbaik sepanjang seleksi berlangsung. "Menunjukan kualitas individu mungkin iya, tapi saya akan lebih berusaha bermain bagus dalam bentuk tim," kata Valdo. 

Bayu Eka Sari Teguh, administrator Timnas U-22 mengatakan, sampai sore kemarin, belum ada satu pun pemain yang dipanggil untuk ikut dalam seleksi tersebut terihat di hotel. "Biasanya para pemain baru kelihat beberapa jam sebelum makan malam. Karena, makan malam baru bisa dimulai kalau semua pemain sudah berkumpul," jelas Bayu. (ben)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid