Tiga Balon Kades Gugur di Seleksi Lanjutan

GIRI MENANG – Enam bakal calon Kades menjalani seleksi tambahan di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lombok Barat, Selasa (23/6).

Enam orang peserta dari tiga desa yaitu Desa Perampuan, Desa Kuranji Dalang dan Desa Taman Sari . Enam orang ini memperebutkan posisi ke lima calon Kades di desa masing-masing. Hasil seleksi hanya akan mengambil tiga orang saja, tiga orang lainnya dipastikan gugur sebagai jika nilainya lebih rendah dari calon lawan.

Tes digelar di aula Dinas PMD tes, berlangsung pukul 14.00 Wita. Enam orang peserta hadir semuanya, seleksi berupa ujian tertulis dimana para peserta diberikan soal untuk dijawab dengan durasi waktu yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan seleksi dijaga aparat Pol PP.”Hari ini, seleksi tambahan untuk enam bakal calon Kades sudah dilaksanakan,” kata Heri Ramadhan, Kepala Dinas PMD Lombok Barat, kemarin.

Hasil seleksi sudah ada. Mereka yang seleksi adalah mereka yang hasil perankingan skornya sama dengan peserta di nomor lima dan enam. Untuk bisa menentukan siapa yang bisa masuk di nomor lima  maka dilakukan seleksi di tingkat kabupaten.” Hasil tes tersebut nantinya akan menentukan siapa saja yang akan menjadi calon kepala desa yang akan ditetapkan oleh oleh panitia,” tegasnya.

BACA JUGA :  Gara-gara Postingan Facebook, Staf Desa Didemo

Hasil tes akan segera diberikan kepada panitia pilkades di masing-masing desa, agar mereka bisa secepatnya melakukan penetapan calon kepala desa mereka untuk ikut dalam Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli mendatang. ” Hari ini sudah ada hasilnya, langsung kita berikan ke panitia Pilkades, besok mereka bisa menetapkan calon,” ungkapnya.

Pilkades akan langsung diamati pihak kecamatan selama penyelenggaraannya, termasuk sosialisasi ke desa-desa untuk desa yang ikut dalam kontestasi pilkades ini.  Anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan Pilkades Lobar 2021 ini sebesar Rp 3,8 miliar, namun melihat di masa pandemi ada beberapa item bisa dikurangi, sehingga beberapa item anggaran dilakukan rasionalisasi.” Anggaran ini nantinya akan banyak untuk kebutuhan penunjang logistik, persiapan TPS, dan penunjang penerapan protokol kesehatan, tentunya ini akan dipertimbangkan nantinya sesuai kebutuhan di lapangan saat persiapan TPS, “ tegasnya.

BACA JUGA :  Ijo Nol Dedoro Dianggap Hanya Menggema di Kalangan Pejabat

Sementara itu Ketua Panitia Pilkades Desa Perampuan, Ahmad, mengatakan, seleksi sudah dilakukan, pihaknya masih menunggu diberikan hasil seleksi. “Kita masih menunggu hasilnya ini, ” katanya.

Kalau sudah mendapatkan hasil siapa yang nilainya lebih tinggi, dan berhak untuk menempati posisi nomor lima, maka secepatnya akan dilakukan penetapan calon.  Rencananya penetapan calon akan dilakukan pada hari Kamis mendatang. Penetapan ccalon akan dilakukan langsung dengan pencabutan nomor urut bagi lima balon Kades.”Nanti penetapan hari Kamis, langsung dengan pencabutan nomor urut,” tutup Ahmad. (ami)