Tiar Rachman Harun Al-Rasyid Dinilai Tepat Jadi Cawagub Lalu Iqbal

Lalu Muhammad Iqbal - Tiar Rachman Harun Al-Rasyid (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Meski sejumlah calon Gubernur NTB sudah mengumumkan siapa calon wakil Gubernur (Cawagub) pendamping di kontestasi Pilgub NTB 2024, seperti duet Rohmi-Firin, Lalu Gita-Sukiman dan Zulkiflimansyah-Suhaili. Namun hal itu tidak membuat Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, terburu-buru mengumumkan siapa kandidat Cawagub akan mendampinginya.

Tetapi belakangan, sejumlah elemen menyuarakan Tiar Rachman Harun Al-Rasyid sebagai sosok yang dinilai tepat dan layak menjadi Cawagub pendamping Lalu Muhammad Iqbal di Pilgub NTB. Lalu Iqbal diharapkan bisa menggaet Tiar Rachman sebagai Cawagub pendamping di Pilgub NTB.

Itu karena Tiar Rachman dinilai punya jaringan nasional yang bisa membantu Lalu Iqbal dalam memimpin dan mengelola NTB, dengan 10 kabupaten/kota yang tentu saja tidak hanya bisa mengandalkan sumber daya alam atau pendapatan asli daerah semata. Tetapi dibutuhkan akses dana dari luar untuk bisa ditarik dan dibawa masuk ke NTB.

“Posisi Mas Tiar Rachman sebagai pengusaha tambang, tentu punya jaringan bisnis yang dimiliki, sehingga akan memudahkan sumber pendapatan lain masuk ke NTB,” kata Ketua Garuda Mas Suryadi, kemarin.

Baca Juga :  Sudah Tujuh Balon DPD RI Serahkan Dukungan

Diungkapkan, sebagaimana disampaikan Lalu Iqbal bahwa yang bersangkutan akan memilih tokoh dari pulau Sumbawa sebagai Cawagub pendamping di kontestasi Pilgub NTB. Hal itu sebagai upaya mempertahankan tradisi dan keseimbangan kepemimpinan di Provinsi NTB, yakni pulau Lombok dan pulau Sumbawa.

Dengan kehadiran Tiar Rachman bisa jadi representatif tokoh dari suku Mbojo di Pulau Sumbawa (Bima, Dompu dan kota Bima). Apalagi Tiar Rachman adalah putra dari mantan Gubernur NTB Harun Al-Rasyid. “Duet Lalu Iqbal – Tiar Rachman bisa jadi kolaborasi yang tepat dalam memimpin Provinsi NTB kedepan,” ucap Suryadi.

Senada, Ketua Pemuda Pelopor NTB Badri mengaku mendukung agar Lalu Iqbal untuk menggaet Tiar Rachman sebagai Cawagub pendamping di Pilgub NTB. Sosok Tiar Rachman dinilai sangat tepat untuk mendampingi Lalu Muhammad Iqbal di Pilgub NTB.

“Lalu Muhammad Iqbal berlatar belakang ASN atau birokrat, sangat tepat didampingi Tiar Rachman yang berlatar belakang pengusaha sukses,” tandas Badri.

Sementara itu, Pengamat politik UIN Mataram, Dr Ihsan Hamid mengatakan, Lalu Iqbal perlu mencari cawagub pendamping dengan sejumlah kriteria. Menurutnya, Lalu Iqbal yang berlatar belakang ASN atau birokrat itu, menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menentukan langkah politik.

Baca Juga :  NasDem NTB Ajukan 80 Bacaleg ke DPP

Selain itu, menurutnya Lalu Iqbal merupakan salah satu calon Gubernur NTB yang disebut paling siap menghadapi Pilkada 2024. “Iqbal harus memastikan bahwa calon wakilnya ini bisa memberi dampak elektoral bagi pasangan tersebut,” terangnya.

Diungkapkan, Lalu Iqbal bisa memilih calon yang punya peluang menaikkan elektabilitas atau keterpilihan. Ditambah lagi dengan perhitungan dan pertimbangan geopolitik kewilayahan di NTB. Dengan provinsi NTB terdiri dari dua pulau yakni pulau Lombok dan pulau Sumbawa. “Maka saya setuju jika Iqbal memutuskan untuk mengambil pasangan dari Pulau Sumbawa,” tandasnya.

Demikian Lalu Iqbal pun perlu menimang nama yang bisa menarik dukungan partai politik pengusung. Ihsan menegaskan, calon wakil Iqbal setidaknya memiliki kemampuan untuk melengkapi jumlah minimal koalisi parpol pengusung. Apakah itu dari kalangan politisi maupun dari kalangan profesional. “Minimal punya modal yang cukup untuk membawa kepastian rekomendasi Parpol pengusung,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda