THR ASN Cair Sebelum Lebaran, Gaji 13 Bulan Juli

Istimewa

MATARAM – Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk aparatur Sipil Negara (ASN), TNI,Polri dan pensiunan segera diterima namun tidak dibayarkan bersamaan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan THR dibayarkan paling cepat sepuluh hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri 1443 H. Sedangkan gaji ke-13 dibayarkan pada bulan Juli 2022.” THR diberikan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan,” kata Sri Mulyani dikutip dari akun instagaramnya @smindrawati.

Besaran THR dan gaji ke-13 yang diterima sebesar gaji/ pensiunan pokok dan tunjangan yang melekat. Ditambah 50 persen tunjangan kinerja per bulan. Untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 ini, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 34,1 triliun.

BACA JUGA :  Ditinggal Umrah, Banyak Pejabat Keluar Daerah

Pemberian THR dan gaji ke-13 ini menurut Sri Mulyani, mengutip penegasan Presiden Joko Widodo sebagai wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan daerah dalam menangani pandemi dengan melaksanakan pelayanan masyarakat. Pemberian THR dan gaji ke-13 ini diharapkan menjadi tambahan bantalan ekonomi saat ini akibat dampak ekonomi global dengan menambah daya beli masyarakat, serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. ” Kebijakan ini diberikan dan disesuaikan dengan dinamika pandemi serta memperhatikan keseimbangan dengan pelaksanaan program lain dan kemampuan keuangan negara,” jelasnya.

BACA JUGA :  Harga Jagung Anjlok, Dewan Pertanyakan Realisasi Pabrik Pakan

Dia mencontohkan dalam rangka merespon kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang hari raya, pemerintah melakukan penebalan program perlindungan sosial untuk golongan miskin dan rentan melalui program Bantuan Langsung Tunai minyak goreng untuk 20,65 juta keluarga penerima manfaat dan 2,5 juta pedagang kaki lima pangan. ” Semoga berbagai bantalan ekonomi yang diberikan termasuk THR dan gaji ke-13 dapat menjadi penggerak perekonomian sehingga Indonesia bisa segera bangkit dan pulih dari berbagai tantangan global,” harapnya.(rl)