TGH Hazmi Berpotensi Berpasangan dengan Hasan Rahman dan Sukisman Azmy

TGH Hazmi Hamzar. (IST FOR RADAR LOMBOK)

SELONG–Saat Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur sedang bingung di injury time, karena belum mengantongi rekomendasi partai pengusung dan waktu pendaftaran ke KPU makin limit, belakangan ini muncul nama politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) TGH Hazmi Hamzar diduetkan berpasangan dengan Ketua DPC Partai Golkar Lombok Timur, Lalu Hasan Rachman.

Sejumlah tokoh masyarakat meminta agar paket TGH Hazmi dan Hasan Rachman maju pada Pilkada Lombok Timur November 2024. Keduanya dianggap memiliki track record yang sudah teruji sebagai pemimpin.

Seperti dikemukakan Ustaz Mansur salah seorang tokoh di Lombok Timur, Tuan Guru Hazmi putra dari almarhum TGH Zainuddin Arsyad. Seorang ulama yang memberi sinar agama kepada masyarakat Sasak khususnya di Pulau Lombok.

Almarhum TGH Arsyad pendiri pondok pesantren Maraqittalimat Lombok Timur, beliau berteman akrab dengan almarhum Maulana Syekh TGH Zainuddin Abdul Majid Pancor.

Kedua ulama besar yang memiliki nama depan yang sama yakni Zainuddin. Saat muda TGH Zainuddin Arsyad Mamben dan TGH Zainuddin Abdul Majid Pancor bersekolah di Makkah Al-Mukarramah untuk menimba ilmu agama.

Sekembali bersekolah di Makkah, kedua almagfurullah mendirikan pondok pesantren. TGH Arsyad mendirikan Ponpes Maraqittalimat dan TGH Zainuddun Abdul Madjid mendirikan Ponpes NWDI dan NBDI.

Cahaya Islam berkembang pesat. Masyarakat memahami dan menjalankan syariat agama menjadi lebih baik berkat dari kedua tokoh Islam tersebut.

“Saya kenal betul TGH Hazmi, beliau penerus orang tuanya. Pondok pesantren Maraqittalimat bertebaran ada di mana-mana terutama di wilayah Lombok Timur, Lombok Utara dan sebagian pulau Sumbawa,” tandas Ustaz Mansur.

Di tangan TGH Hazmi Hamzar, Yayasan Maraqittalimat berkembang pesat, memiliki perguruan tinggi dengan berbagai jurusan, seperti mengelola STIKES, STKIP, Fakultas Ekonomi Syarah dan lembaga lainnya.

Beliau sudah teruji dan dipercaya masyarakat, di bidang politik sudah 4 periode menjadi anggota DPRD, seorang tuan guru dengan ratusan ribu jemaah. Juga seorang ahli hukum karena TGH Hazmi Hamzar sebagai Ketua Perserikatan Ahli Hukum Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta.

Begitu juga dengan jaringan yang dimiliki, bukan saja lokalan NTB namun nasional (berteman dengan pengusaha kakap di Jakarta, tokoh politik nasional, kementerian hingga istana.

“Saya melihat TGH Hazmi sebagai sosok pimpinan yang komplet, Insyaalah pemimpin yang seperti beliaulah yang dibutuhkan untuk memimpin Lombok Timur ke depan,” tandasnya.

TGH Hazmi dikonfirmasi terkait dukungan masyarakat yang mencalonkan berpasangan dengan Hasan Rachman, mengaku berterima kasih.

“Saya masih berada di Jakarta, tunggu pulang nanti kita berbicara banyak soal suksesi kepemimpinan Lombok Timur,” ujarnya, Kamis siang (20/6/2024).

Dikatakan, dirinya kenal hampir semua pimpinan parpol di Jakarta. Terkait pilkada, nuansanya sama di seluruh Indonesia termasuk di Lombok Timur. Adanya bakal calon yang saling klaim partai dan sudah berpasangan, itu sah sah saja dalam politik.

“Banyak calon yang sudah memaketkan diri, tapi bisa saja pisah di tengah jalan. Sebab siapa berpasangan dengan siapa bukan ranahnya calon atau DPC dan DPD, tapi kekuasan politik di tingkat partai pusat,” sebutnya.

Ia juga menyambut baik bila berpasangan dengan Ketua DPC Golkar Lombok Timur tersebut. “Sangat bagus, Lalu Hasan Rahman seorang politisi andal yang teruji dan dikenal luas masyarakat Bumi Selaparang,” ungkapnya.

Bila masyarakat mencalonkan dan memasangkan dengan Hasan Rachman, ia siap. Tetapi harus dibangun komunikasi dulu dengan kedua belah pihak.

Di tempat terpisah, Ketua Golkar Lotim Hasan Rachman mengaku punya chemistry dengan TGH Hazmi bila maju dalam pilkada mendatang.

“Inyaalah saya juga siap bila berpasangan dengan tuan guru, tapi sebelum semuanya berlanjut kita menunggu hasil survei jilid dua yang dilakukan Partai Golkar,” jelasnya.

Hasan Rachman mengaku, sesuai arahan pusat, Golkar akan mengajukan kadernya jadi prioritas sebagai calon yang berlaga di Pilkada Lombok Timur.

“Bila didukung masyarakat dan partai merekomendasikan, sebagai kader saya harus siap,” katanya mengakhiri pembicaraan.

Namun belakangan juga, TGH Hazmi Hamzar berpotensi diduetkan dengan Anggota DPD RI Sukisman Azmy. Hal ini menyusul tingginya survei LSI terhadap adik mantan Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy itu.

Baik Hasan Rahman dan Sukisman, berpeluang disandingkan bersama TGH Hazmi Hamzar. (ulu)

Komentar Anda