Tete Batu Wakili Indonesia di Ajang Best Tourism Village UNWTO 2021

SELONG – Luar biasa. Desa Tete Batu  Kecamatan Sikur  berhasil menggaungkan pariwisata NTB khususnya Lombok Timur di kancah dunia. Hal itu dibuktikan dengan terpilihnya  desa ini mewakili Indonesia tampil di ajang ” Best Tourism Village” yang diselenggarakan oleh United Nation Word Tourism Organization (UNWTO) 2021.

Terpilihnya Desa Tete Batu ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi Lombok Timur. Terlebih ajang ini sangat bergensi dan melalui proses seleksi yang ketat. Aneka ragam pesona wisata  Tete Batu akhirnya  berhasil menyisihkan puluhan  ribu desa wisata yang ada di Indonesia.” Agustus ini merupakan sejarah bagi kita. Buktinya pariwisata kita terutama Tete Batu bukan hanya diperhitungkan di kancah nasional, melainkan di level internasional,” kata Sekda Lotim, HM. Juaini Taofik, saat jumpa pers di Rupatama 1 kantor Bupati Lotim, Senin (2/7).

Atas capaian ini, Juaini berterima kasih kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim termasuk Dinas Pariwisata (Dispar) yang telah bekerja keras mempersiapkan berbagai dokumen dan persyaratan yang telah ditentukan secara berjenjang. Sehingga  semuanya sudah dilengkapi dan diterima oleh UNWTO.” Di ajang ini  Desa Tete Batu mewakili 75. 000 sekian desa di Indonesia. Berbagai persyaratan resminya telah diajukan melalui Kemenparekraf,” imbuhnya.

Baca Juga :  Rp 1,5 Juta per Guru Ngaji di Lotim, Cair Sebelum Lebaran

Meski pandemi, semua harus tetap optimis. Termasuk di ajang ini dimana Tete Batu diyakini bisa keluar sebagai pemenang.  Dan itu jelas akan menjadi kebanggaan bagi NTB khususnya Lombok Timur. Tujuan utama dari ajang ini terangnya, ialah supaya pariwisata NTB dan Lotim khususnya dikenal dunia.” Ajang ini juga merupakan promosi gratis dan memperkenalkan pariwisata kita di mata dunia,” tutupnya.

Sementara itu Kepala BPPD Lotim, M. Nursandi, menjelaskan, terpilihnya Desa Tete Batu di ajang ini merupakan pencapaian terbaik. Tete Batu bisa terpilih mewakili Indonesia  setelah melalui 9 item penilaian. Diantaranya budaya dan alam, keberlanjutan ekonomi dan sosial, kelestarian lingkungan, tata kelola pariwisata, infrastruktur dan konektivitas, serta keselamatan dan keamanan. Pemenang ajang nantinya akan diumumkan di sidang umum Organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 12 Oktober mendatang.” Sembilan item itu telah kita persiapkan, baik itu dalam bentuk dokumen video maupun foto,” tutupnya.

Baca Juga :  Banyak Penerima Hibah Randis Belum Bayar Pajak 

Di tempat yang sama,  pelaku wisata NTB yang juga pemerhati pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, mengatakan, terpilihnya Tete Batu di ajang ini merupakan momentum awal dan sejarah bagi NTB dan Lotim. Terlebih dari 75 ribu  lebih desa hanya Tete Batu yang berhasil mewakili Indonesia.” Untuk mencapai  ini tentunya tidak mudah. Ini semua tak lepas kerjasama keras BPPD, Dinas Pariwisata dan Pemkab untuk melengkapi semua persyaratan. Perlu diketahui ini bukan ajang biasa, tapi ajang dunia. Ini akan menjadi bukti kemajuan pariwisata Lotim di masa bupati sekarang.  Apalagi sekarang di tengah kondisi pandemi Covid,” ungkapnya. (lie/adv)

Komentar Anda