Tes CPNS Dipusatkan di Mataram

Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

MATARAM – Pemerintah pusat memastikan pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 dimulai bulan Agustus ini. Lokasi tes juga telah ditentukan. Untuk Provinsi NTB, lokasi pelaksanaan computer assisted test (CAT) akan dipusatkan di wilayah Kota Mataram. “Semua lokasi CAT ada di Mataram,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, H Fathurrahman kepada Radar Lombok, Senin (13/8). 

Terdapat dua lokasi yang telah dipastikan sebagai tempat CAT. Sedangkan sisanya masih dalam proses verifikasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

KLIK DISINI UNTUK IKUT SIMULASI CAT CPNS ONLINE 2018

Meski belum jelas sisanya sekitar dua lokasi lagi. Namun Fathurrahman memastikan, lokasinya di wilayah Kota Mataram sebagai ibu kota provinsi. “Sudah kita usulkan beberapa SMA/SMK di Kota Mataram,” ucapnya.

Dua lokasi yang telah dipastikan sebagai tempat CAT, yaitu kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTB. Kemudian di Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Nasional (UPT BKN) Mataram. “Dua itu yang sudah diverifikasi BKN. Sementara yang lain masih proses verifikasi,” tambahnya.

Kempan-RB dan BKN hingga saat ini masih terus menggodok sistem seleksi CPNS tahun 2018 ini. Jumlah formasi yang tersedia sekitar 200-250 ribu formasi untuk seluruh Indonesia.

Jumlah formasi akan ditetapkan dengan kemampuan keuangan negara. Artinya, tidak semua usulan pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga akan diakomodir.

Menurut Fathurrahman, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan informasi terbaru. Mengingat masyarakat di NTB sangat menunggu seleksi CPNS. “Kita terus koordinasi dengan BKN,” katanya.

Nantinya, sistem seleksi CPNS yang dikelola BKN akan berstandar internasional. Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat sejak awal pendaftaran.

Saat ini, pemerintah masih menuntaskan formasi dan jumlah kebutuhan CPNS. Termasuk mempersiapkan lokasi tes CPNS. Mengingat setiap provinsi akan ada empat tempat pelaksanaan tes CPNS. “Belum ada info terbaru kalau soal jadwal pembukaan. Kuota yang kita dapat juga kan belum ada info resmi,” ucap Fathurrahman.

Berdasarkan hasil analisia jabatan (anjab) dan analisia beban kerja (ABK), Pemprov NTB saat ini kekurangan 5.554 orang PNS. Kekurangan tersebut, terutama untuk tenaga pengajar atau guru dan tenaga kesehatan.

Jumlah PNS Pemprov NTB yang pensiun sejak 2014 hingga 2018 sebanyak 1.149 orang. Jumlah itu termasuk PNS yang meninggal dunia maupun pindah. Hal itu membuat daerah semakin kekurangan PNS. “Kondisi di kabupaten/kota juga begitu,” sebutnya.

Seleksi CPNS terus diundur pemerintah pusat. Berbagai alasan digunakan. Fathurrahman sendiri tidak mengetahui pasti atas keterlambatan proses seleksi CPNS. Apalagi telah beberapa kali ditunda, mulai dari Maret, Mei, kemudian akhir Juli. Dan hingga memasuki pertengahan bulan Agustus, belum juga ada kejelasan terkait waktunya. “Menterinya lagi galau, hehe. Kan dari PAN,” ujar Fathurrahman bercanda.

KLIK DISINI UNTUK IKUT SIMULASI CAT CPNS ONLINE 2018

Salah seorang guru honorer di MTs Wanasaba, Munawar mengaku sangat menunggu adanya seleksi CPNS. Dirinya ingin ikut untuk bisa memperbaiki nasib diri yang selama ini sekedar menjadi guru honorer.

Munawar sebenarnya berharap agar formasi guru bisa lebih banyak lagi. Mengingat, jumlah yang mencari cukup besar. “Kenapa diundur-undur terus ya. Capek kita nunggu, gak ada kejelasan sampai sekarang soal CPNS ini,” ujarnya. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut