Termotivasi Lampard, Sejak Kecil Hobi Main Bola

SELEKSI TIMNAS: Ilham Farabi, pemain sepak bola asal Lotim yang lolos seleksi Timnas U16 (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

Tahun ini dua orang pemain Sepak Bola asal Lotim lolos untuk mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) Usia 16 (U16). Salah satunya  adalah Ilham Farabi, dengan posisi pemain gelandang. Ilham menjadi salah satu dari 11 pemain NTB yang terpilih mengikuti seleksi Timnas U16, yang akan digelar di Jakarta mulai 21 -22 Maret ini.


GAZALI – LOTIM


NAMA lengkapnya Ilham Farabi. Dia dilahirkan di Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, tahun 2002. Saat ini dia masih duduk dibangku kelas 3 SMPN 1 Selong. Anak bungsu dari pasangan Sahidi dan Murtini ini perlahan mulai menunjukkan prestasinya dalam dunia sepak bola. Ini tak lepas setelah dirinya terpilih mewakili Lotim dan NTB umumnya untuk mengikuti seleksi Timnas U16.

Hobi bermain sepak bola Ilham  tidak muncul sesaat. Melainkan hobi itu sudah muncul sejak masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD). Bukan hanya sekedar hobi, namun Ilham ternyata punya skill diatas rata-rata dalam mengolah si kulit bundar. Dengan Kemampuan dan skillnya itu, Ilham pun sering kali mengikuti sejumlah turnamen sepak bola seusianya yang digelar di tingkat kabupaten.

[postingan number=3 tag=”features”]

Ilham punya cerita sendiri, kenapa dirinya mengambil posisi sebagai pemain gelandang. Dikatakan, bermain bola yang sudah menjadi hobinya sejak masa kecil. Sosok yang mengispirasinya menjadi pemain bola, terutama posisi gelandang, tak lain pemain kawakan asal Inggris, Frank Lampard. Sejak mengenal yang namanya mantan punggawa Chelsea itu, ia pun berharap kelak bisa memiliki kemampuan dan terkenal seperti Lampard, yang kini sudah  gantung sepatu dari dunia sepak bola. “Saya ngefans dengan Frank Lampard. Saya suka dia main di posisi gelandang,” akunya.

Sebelum lolos ke seleksi Timnas U 16. Sebelumnya Ilham menjalami seleksi di tingkat provinsi. Ketika itu masing-masing kabupaten/kota yang ada di NTB mengirim  15 pemain untuk mengikuti seleksi tersebut. Dan nantinya akan mengerucut ke 11 orang pemain yang akan dipilih untuk tahap seleksi tingkat nasional.

Skill dan kemampuanya mengolah bola, akhirnya mampu menarik  perhatian  tim seleksi saat itu. Ilham bersama satu orang pemain Lotim  lainnya yaitu M. Yudhi Satri Azzi penjaga gawang terpilih bersama sejumlah pemain lainnya dari  total 11 orang  perwakilan NTB yang dinyatakan lolos  untuk mengikuti seleksi Timnas U16. “Saya sangat senang dan bangga bisa lolos seleksi, setelah bersaing dengan banyak pemain lainnya dari NTB,” terangnya.

Perjuangan Ilhan tidak selesai disini. Namun tantangan yang lebih berat lagi, dirinya akan kembali bersaing dengan puluhan pemain lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia dalam seleksi nanti. Siapa yang terbaik, itulah yang akan lolos untuk membela Timnas.

Meski levelnya masih UI6, namun bisa membawa nama Timnas tentu menjadi kebanggan tersendiri. Kesempatan yang dimiliki Ilham ini, tentu tidak ingin disia-siakan begitu saja. Dia pun siap akan mengeluarkan kemampaun yang terbaik,  berjuang keras, semangat, serta optimisme yang tinggi menjadi modal bisa lolos dalam seleksi tersebut.

“Saya telah mempersiapkan diri, dan terus rajin latihan. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa lolos seleksi Timnas ini. Siapa yang tidak bangga bisa menjadi Timnas,” katanya.

Sementara itu, pelatih PSSI Lotim yang mendampingi Ilham, Gempa Satria Yuda mengaku sangat bersyukur dua orang pemain Lotim, salah satunya Ilham berhasil lolos untuk seleksi Timnas U16. Apa yang mereka dapatkan ini tentu tidak mudah, karena sebelumnya mereka harus bersaing dengan para pemain lainnya dari kabupaten/kota di NTB.

“Seleksinya nanti akan dilakukan di Jakarta Utara, mulai dari tanggal 21 sampai 22 Maret. Ilham ini bakatnya sudah muncul dari usia dini sebagai pemain gelandang. Dia memiliki pengalaman pertandingan yang cukup bagus,” tutupnya. (*)