Terjadi Longsor dan Genangan, Dandim KSB Instruksikan Jajaran Tanggap

LONGSOR: Di beberapa ruas jalan di Kecamatan Maluk terjadi longsor, nampak di jalan penuh dengan bebatuan tengah dibersihkan aparat bersama warga.

TALIWANG–Intesitas hujan yang cukup tinggi sejak Kamis (14/1/2021) malam sampai Jumat (15/1/2021) siang hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah menyebabkan beberapa titik mengalami genangan air dan longsor.

Tidak hanya di rumah penduduk, tetapi di beberapa ruas jalan seperti di Benete, Kecamatan  Maluk dan lintas Jalan Raya Bertong, Kecamatan Taliwang.

Terkait hal tersebut Dandim 1628/SB, Letkol CZI Sunardi ST, M.IP, langsung menginstruksikan Koramil jajarannya untuk memantau, melaporkan, dan turun membantu masyarakat sekitar yang terkena bencana.

Seperti yang dilaksanakan Danpos Ramil Maluk Pelda Bambang, Babinsa Benete Serda Ihwan Hadu, dan Babinsa Mantun Seda Solikhin bersama Rekan dari Polsek, Kades Benete, Ketua BPD, Kadus Dusun Jereweh, dan RT setempat yang melaksanakan pembersihan batuan dan pasir di jalan raya jalur Benete Jereweh akibat dampak dari terkikisnya tanah oleh derasnya air dari arah  gunung dengan menggunakan alat manual, pada Jumat (15/01/2021).

Selain itu Dandim 1628/SB juga mengimbau kepada anggota dan keluarganya serta masyarakat agar mewaspadai cuaca yang kurang bersahabat sehingga mengurangi risiko timbulnya korban jika terjadi bencana alam akibat tingginya intesitas hujan. “Kita tidak ingin bencana terjadi namun kita tetap mewaspadai  kondisi cuaca yang ada,” ujarnya.

“Dan ketika terjadi bencana diharapkan semua steakholder terkait agar terus berkoordinasi serta siap bersinergi untuk segera tanggap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak,” tambahnya seraya berharap.

Dandim juga kembali mengingatkan untuk tidak menebang pohon secara liar, budayakan menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan parit yang tersumbat agar bahaya banjir dan longsor tidak terjadi saat musim hujan datang. (sal)