Telkomsel Siaga #SambungkanSenyuman untuk Semangat Kebaikan di Momen Ramadan dan Idulfitri 1443 H

JAKARTA – Telkomsel konsisten memperkuat perannya sebagai society enabler melalui kepemimpinan teknologi terdepan dalam memaksimalkan pengalaman digital bagi seluruh pelanggan di setiap aktivitas digital dan ibadah di bulan suci Ramadan 1443 H.

Melalui inisiatif tersebut, Telkomsel mendorong semangat ‘Sambungkan Senyuman’ kebaikan di dalam menjaga optimisme masyarakat sepanjang Ramadan dan Idulfitri (RAFI) di tengah tantangan masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga tahun ini.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, Ramadan selalu menjadi bulan suci yang paling dinanti kehadirannya oleh seluruh umat muslim, terutama di Indonesia. Untuk itu, sebagai upaya membuka peluang lebih luas bagi seluruh pelanggan agar lebih optimal dalam menjalankan berbagai aktivitas digital untuk berbuat kebaikan dan mendukung ibadah, Telkomsel sebagai leading digital telco di Indonesia, melalui kepemimpinan teknologi dan solusi digital inovatif akan mengambil peran terdepan menghadirkan semangat #SambungkanSenyuman untuk merayakan bulan Ramadan dan Idulfitri dengan penuh optimisme.

“Melalui inisiatif ini, kami ingin terus mendampingi masyarakat dalam melewati berbagai tantangan di tiap fase kehidupan melalui pemanfaatan teknologi terdepan ,” kata Hendro.

Untuk memastikan seluruh jaringan broadband yang telah dipersiapkan dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk dan layanan tetap terjaga, Telkomsel menghadirkan Posko Virtual untuk mendukung aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan serta pengamanan distribusi produk dan layanan, yang dilakukan baik secara hybrid. Implementasi virtual monitoring ini merupakan bentuk implementasi keberlanjutan dari transformasi digital Telkomsel melalui penerapan cara kerja baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan di momen RAFI 2022.

Pada momen RAFI tahun ini, dengan harapan masa pandemi COVID-19 semakin membaik, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas mudik dengan sejumlah persyaratan pendukung. Untuk itu, Telkomsel berupaya untuk melakukan pengamanan operasional jaringan yang difokuskan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital yang tinggi di sejumlah wilayah, seiring dengan pemberlakuan kebijakan tersebut.

Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2022 jika dibandingkan dengan hari normal di 2022. Trafik layanan data/broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4%, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3% dan SMS tumbuh sekira 4,1%. Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat selama RAFI 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4%.

BACA JUGA :  26 Posko Telkomsel Siaga Siap Kawal Pemudik di Area Jawa Bali

Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.
Secara proaktif Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) seluruh wilayah POI RAFI 2022, melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE dan menjangkau 96% wilayah populasi di Indonesia. Hingga Maret 2022 ini, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah merampung pembangunan sekira 2750 BTS USO berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE sepanjang tahun ini.

Di samping itu, guna memastikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi maupun mengakses layanan data selama Ramadan tahun ini, Telkomsel turut menambah kapasitas sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total kapasitas menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps.

Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun. Proses telah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini. Hal tersebut dilakukan guna memastikan aktivitas secara digital masyarakat, terutama di menyambut momen Ramadan dan Idulfitri untuk kebutuhan silaturahmi, berbagi kebaikan, hingga kegiatan ibadah secara optimal dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terkini dari Telkomsel.

“Selain itu, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone,” tegas Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Komitmen Telkomsel dalam mengoptimalkan kapabilitas jaringan broadband terdepan bagi pelanggan juga telah mendapatkan empat penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2021. Telkomsel meraih empat penghargaan untuk performansi selama kuartal Q3-Q4 2020 pada kategori Fastest Mobile Network (akses mobile broadband tercepat), Best Mobile Coverage (jangkauan jaringan broadband terluas), Top-Rated (operator yang paling favorit pengguna), dan Best Mobile Network (kecepatan mobile broadband terbaik dengan jangkauan terluas).

BACA JUGA :  Telkomsel Dukung Keseruan MotoGP 2022 Mandalika dengan Akses Broadband Hyper 5G

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan dalam rangka menambah keseruan untuk membangun optimisme masyarakat agar dapat #SambungkanSenyuman di setiap fase kehidupan, Telkomsel memastikan ketersediaan produk dan layanan, menghadirkan berbagai program loyalitas serta promo produk unggulan yang customer-centric untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus keseruan dalam mendukung gaya hidup digital selama momen RAFI tahun ini.

Telkomsel memastikan ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in) selama momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Selain itu, berbagi melalui Program Corporate Social Responsibility Telkomsel
Telkomsel selalu berupaya mengoptimalkan kemanfaatan perusahaan untuk dapat membantu mengatasi masalah sosial ekonomi dan menciptakan nilai tambah bagi bangsa Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan di sepanjang Ramadan dan Idulfitri 1443 H. Mengusung semangat #YangKitaBisa, pada tahun ini Telkomsel akan melakukan serangkaian momen berbagi kebahagiaan kepada penerima manfaat yang membutuhkan dengan memberikan bantuan kepada 270 masyarakat duafa kondisi sakit, 2.700 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/sahur gratis, 2.700 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 270 guru honorer, 27 masjid raya, serta 270 yayasan, panti jompo, disabilitas dan tunanetra. Bantuan yang diberikan oleh Telkomsel di antaranya makanan buka puasa dan sahur gratis, dana sosial, bantuan alat ibadah, serta paket sembako.

Sebagai upaya memberikan kebermanfaatan yang lebih berdampak dan menyeluruh, pada tahun ini Telkomsel mengusung konsep sharing economy dalam memenuhi bantuan makanan dan sembako yang diberikan. Melalui konsep tersebut, Telkomsel akan memenuhi kebutuhan bantuan makanan buka puasa dan sahur, serta sembako melalui pemberdayaan UMKM di sekitar lokasi.

” Inisiatif tersebut sekaligus menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam mendukung UMKM di tengah kondisi yang masih menantang akibat pandemi COVID-19 saat ini,” pungkas Hendri.  (luk/*)