Telkom Sukses Layani Jaringan Internet UNBK

Jaringan Internet UNBK
Jaringan Internet UNBK

MATARAM –  Setelah sukses mendukung pelaksanaan program UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di tahun 2016 dan tahun 2017 , tahun 2018 ini Telkom dipercaya mensupport dan mengawal  jaringan internet untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 11 ribu lebih sekolah setingkat SMA/MA, SMP, dan SMK se Jatim, Bali, dan Nusra.

Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra, Suparwiyanto mengatakan, pelaksanaan UNBK tahun ketiga ini PT Telkom menyiapkan jaringan internet untuk 11.861 sekolah setingkat SMP, SMA/MA, dan SMK untuk mengikuti UNBK di wilayah Jatim, Bali, dan Nusra.

“Kami telah mengerahkan potensi infrastruktur jaringan akses internet handal yang dimiliki oleh Telkom, mulai dari akses satelit sampai pada jaringan akses fiber optic,” kata Yanto, Kamis kemarin (12/4).

Dikatakannya, hingga hari terkahir pelaksanaan UNBK berjalan untuk tingkat SMA/MA, Telkom terus melakukan pengawalan dan monitoring terkait kelancaran pelaksanaannya di 78 kota/kabupaten se- Jatim, Bali, Nusra. Bahkan Telkom telah menyiapkan Posko khusus untuk UNBK ini, dimana jika terjadi gangguan, maka pihak sekolah dapat melakukan pelaporan ke hotline Posko masing-masing daerah.

Seperti diketahui penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online, dimana soal ujian dikirim dari server Dinas Pendidikan pusat secara online melalui jaringan ke server lokal yang ada di sekolah-sekolah. Baru dari server di sekolah didistribusikan menggunakan jaringan intranet ke device (perangkat) masing-masing user. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Ia menambahkan, bahwa komitmen Telkom dalam memberi solusi pada dunia pendidikan tak setengah-setengah, dan bukan hanya pada saat UNBK ini saja. Untuk sekolah, dari sisi jaringan akses, Telkom telah melakukan support dengan mengerahkan seluruh infrastruktur yang dimiliki, demikian juga dengan aplikasi SIAP Online serta PPDB online yang telah dipergunakan oleh dunia pendidikan sebelumnya.

“Telkom terus memberikan yang terbaik dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan,”pungkasnya. (cr-isn)