Taruna Se-ASEAN Pelajari Obyek Wisata Lombok

GIRI MENANG – Ratusan taruna dari negara ASEAN dengan menumpang  kapal pinisi legendaris Dewaruci singgah di Lembar.

Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid menyambut kedatangan gabungan pelayaran taruna se-ASEAN di pelabuhan Pelindo III Cabang Lembar Kecamatan Lembar sekitar pukul 10.00 Wita, Senin  kemarin (12/9). “Kami menyambut baik kedatangan para taruna-taruni untuk melakukan kegiatan selama 2 hari di Lombok, NTB. Tentu dengan kegiatan ini bakal mampu memberikan kebersatuan dalam  empertahankan batas-batas negara,” terang Fauzan di hadapan peserta taruna di pendopo.

Gabungan Taruna ini diperkenalkan obyek wisata terkenal di Lombok Barat termasuk kebudayaannya.

Fauzan lalu memaparkan   obyek wisata di Lombok Barat baik kawasan Senggigi, Sekotong, Narmada, gerabah Banyu Mulek dan lainnya. Semua obyek wisata ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan katanya, Lombok Barat telah mendapatkan penghargaan sebagai destinasi wisata berkelanjutan dengan mengembangkan kearifan lokal untuk tingkat internasional. “Kami berpesan kepada taruna-taruni untuk menjaga kesehatan selama beberapa hari di Lombok. Dan kedatangan saat ini diharapkan terus berkelanjutan dengan menyebarkan ke seluruh keluarga, kerabat,” pintanya.

Sebelum penerimaan di Pendopo I Bupati Lombok Barat, para gabungan taruna Se-ASEAN terlebih dahulu disambut di pelabuhan Pelindo III Cabang Lembar. Di lokasi ini para taruna disambut Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mataram Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, GM Pelindo III Cabang Lembar Baharudin, Kapolres Lombok Barat AKBP Wengky Ahditiyo Kusomo dan Sekda Lombok Barat HM. Taufik serta  Danramil Lombok Barat Kapten Marito.

Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko menyampaikan, kedatangan gabungan Taruna se-ASEAN ini ke Lombok   melakukan pelatihan pelayaran sekaligus mengenal obyek wisata dan suku di daerah yang disinggahi. Kegiatan di Lombok akan berlangsung selama dua hari dengan fokus terhadap perkenalkan budaya Sasak dengan obyek wisatanya.

Latihan pelayaran gabungan Taruna se-ASEAN ini merupakan kegiatan yang baru pertama diadakan diinisiator oleh TNI AL.  Dari 10 negara ASEAN, ada 2 negara yang absen mengikuti, yaitu Laos dan Brunei Darussalam. Masing-masing negara mengutus 4 Taruna dan 1 perwira pendamping. “Total semuanya 126 orang,” jelasnya.

Adapun efek yang diharapkan di antaranya memperkenalkan budaya dalam memperkuat persaudaraan para generasi ASEAN dalam pertahanan.  Setelah Lombok,  Bali dengan suku Bali,  Makasar dengan Bugis, kemudian Balikpapan dengan suku Dayak dan Semarang dengan suku Jawa.

Selanjutnya,  masyarakat diberikan kesempatan untuk menaiki kapal Dewaruci di Pelabuhan Pelindo. Masyarakat bisa mengambil gambar dan naik di kapal ini. “Ini akan singgah hingga tanggal 14 September, dan masyarakat bisa mengunjunginya terbuka dan gratis,” pungkasnya.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut