Targetkan 2.500 Peserta, Bank NTB Syariah 10K Samota Resmi Diluncurkan

Pendaftaran Dimulai 12 Mei – 12 Juni 2022

NTB Syariah 10K Samota
DILUNCURKAN : Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Sekda NTB HL Gita Ariadi, Dirut Bank NTB Syariah H Kukuh Rahardjo, Komandan Lapangan MXGP Samota H Ridwan Syah, Ketua Umum PASI NTB M Farid Ghozaly saat peluncuran secara resmi Bank NTB Syariah 10K Samota di LEM, Senin (16/5).

MATARAM –  Bank NTB Syariah menggandeng Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) NTB mengadakan lomba lari Bank NTB Syariah 10K Samota, Kabupaten Sumbawa pada Ahad 19 Juni 2022 mendatang. Gelaran lomba lari Bank NTB Syariah 10K Samota tersebut sebagai salah satu rangkaian menyambut balap motor internasional, yakni 24-26 Juni 2022. Untuk menyemarakkan gelaran lari akbar di NTB tersebut, Bank NTB Syariah 10K Samota resmi diluncurkan, di Atrium Lombok Epicentum Mall, Senin (16/5).

Hadir dalam peluncuran resmi Bank NTB Syariah 10K Samota tersebut, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi, Dirut Bank NTB Syariah H Kukuh Rahardjo, Komandan Lapangan MXGP Samota yang juga Kepala Dinas PUPR NTB H Ridwan Syah, Ketua PASI NTB Muhammad Farid Ghozaly.

Dalam event lomba lari Bank NTB Syariah 10K Samota di Kabupaten Sumbawa itu ditargetkan sebanyak 2.500 peserta untuk 7 kategori, diantaranya Kategori Pelajar SMP/SMA harus pelajar yang bersekolah di NTB, kategori Umum NTB harus berdomisili di NTB. Kategori TNI/Polri berlaku untuk seluruh kesatuan yang ada di Indonesia. Kategori Master, berusia 40 tahun ke atas terhitung sejak tanggal lomba. Kategori internasional merupakan WNA/WNI.

Sekretaris Daerah NTB H Lalu Gita Ariadi mengapresiasi gelaran Bank NTB Syariah 10K Samota dengan hadiah total Rp 1 miliar, baik itu uang tunai maupun untuk doorprize. Gelaran NTB Syariah 10K Samota ini sangat menggiurkan dan bakal menarik banyak pendaftar, baik dari dalam daerah, luar daerah hingga luar negeri. Bahkan, sudah ada lima orang pelari dari Negara Kenya sudah mendaftar mengikuti Bank NTB Syariah 10K Samota.

BACA JUGA :  Bank NTB Syariah 10K Samota Berhadiah Rp 1 Miliar Sukses Digelar

“Pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada PT Bank NTB Syariah yang akan menggelar event 10K Samota. Kami berharap bank BUMN dan swasta lainnya melalui dana CSR bisa melakukan kegiatan seperti ini bekerja sama KONI dan Pengprov,” katanya.

Menurut Gita, suksesnya penyelenggaraan Bank NTB Syariah 10K Samota menjadi tanggung jawab bersama, terlebih lagi hajatan dari kegiatan ini dalam rangka mendukung NTB Gemilang. Selain diharapkan bisa membangkit sektor ekonomi di Pulau Sumbawa melalui event Bank NTB Syariah 10K Samota dan MXGP Samota, juga event ini bisa menjadi ajang mencari bibit –bibit handal atletik NTB, yang bisa mengharumkan NTB di kancah dunia internasional.

“Kita berharap melalui Bank NTB Syariah 10K Samota ini akan memunculkan Lalu Zohri baru yang bisa mengharumkan nama NTB di kancah dunia internasional,” harapnya.

Direktur Utama Bank NTB Syariah H Kukuh Rahardjo mengatakan tujuann Bank NTB Syariah mengadakan event Bank NTB Syariah 10K Samota tidak hanya karena diminta oleh pemegang saham untuk berkontribusi, tapi selain bisnis juga diminta secara makro memberikan dampak pertumbuhan ekonomi NTB, melalui event lari 10K, sebelum event MXGP Samota pada 24-26 Juni 2022 mendatang.

“Sepanjang ini Bank NTB Syariah komitmen berpartisipasi menjadi pembina atlet NTB. Tema diambil adalah Road to Samota MXGP. Paling tidak masyarakat tau kalau akan ada MXGP dan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui event ini,” katanya.

BACA JUGA :  Bank NTB Syariah 10K Samota Berhadiah Rp 1 Miliar Sukses Digelar

Sementara itu, Ketua Umum PASI NTB Muhammad Farid Ghozaly mengatakan event 10K Samota ini pendaftarannya sudah mulai dibuka sejak 12 Mei-12 Juni 2022 dan pelaksanaannya berlangsung pada 19 Juni 20202. Pada pelaksanaannya, selain kategori SMP, SMA, Umum dan Master yang di wilayah NTB, event ini memberikan peluang juga untuk peserta kategori unsur TNI/Polri, Umum Nasional dan internasional. 

“Event Bank NTB Syariah 10K Samota ini bertujuan untuk menggali bakat atlet atletik, karena regenerasi atlet itu penting,” katanya. 

Event 10 K Samota selain memiliki hadiah yang cukup besar, event ini juga bertujuan untuk mencari bibit unggul dari kategori SMP, SMA, dan Umum NTB. Menggali potensi atlet atletik dari sejak dini dalam rangka persiapan PON XXI 2024 Aceh-Sumut dan PON XXII 2028 yang rencananya NTB-NTT jadi tuan rumah bersama. Adapun ketujuh kategori yang di lombakan tersebut memiliki ketentuannya masing-masing. Kategori Pelajar SMP/SMA harus pelajar yang bersekolah di NTB, kategori Umum NTB harus yang berdomisili di NTB. Kategori TNI/Polri berlaku untuk seluruh kesatuan yang ada di Indonesia. Kategori Master, berusia 40 tahun ke atas terhitung sejak tanggal lomba. Kategori internasional merupakan WNA/WNI.

“Untuk start dan finish Bank NTB Syariah 10K Samota berlangsung di jembatan gantung ikonik Samota, Kabupaten Sumbawa,” tutupnya. (luk)