Tanam Pohon Jadi Program Unggulan SMP Jabalulhikmah

BERPOSE: Pelajar SMP Jabalulhikmah berpose disela-sela kesibukan tanam pohon (Janwari irwan/Radar Lombok)

SELONG—SMP Jabalullhikmah, Desa Suangi, Kecamatan Sakra, Lombok Timur merupakan salah satu pesantren yang aktif menanam pohon setiap tahun. Program ini sudah dijadikan sebagai unggulan di sekolah ini.

Kepala SMP Jabalulhikmah, Mashar menjelaskan, menanam pohon merupakan tradisi sekolah ini sejak bebebraap tahun belakangan. Selain dijadikan sebagai program unggulan, aksi menanam pohon disebutnya sebagai wasiat dari pemilik ponpes tersebut.

“Sebelum pendiri pondok ini meninggal, dia pernah mengatakan, dengan menanam pohon diharapkan akan banyak yang akan mendoakan,” ungkapnya, Rabu (30/11).

BACA JUGA :  Hujan Angin, Pohon di Selong Bertumbangan

Pada bulan Oktober lalu, jelasnya, sekolah ini sudah menanam sekitar 3500 pohon lebih. Jumlah pohon sebanyak itu, ungkapnya ditanam bersama sejumlah sekolah lainnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam sekolah ini terdiri dari banyak macam. Sebut saja seperti kemiri, mahoni dan yang lainnya. Lokasi menanam pohon diselenggarakan di sekitar Dam Pandanduri.

Terhadap program tanam pohonini, bebernya, masyarakat sekitar menyambut dengan antusias. Pihaknya berharap masyarakat bisa merasakan manfaat dari aksi tanam pohon tersebut di masa datang. (cr-wan)