Tampang Maling yang Melarikan Tiga Sapi ke Hutan di Sekotong

Dua maling sapi. MU (26) berprofesi sebagai petani berasal dari Dusun Batu Petak, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Sedangkan RU (40) berprofesi sebagai petani berasal dari Dusun Gerintuk, Desa Batu Jangkih, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. (IST/POLSEK SEKOTONG)

GIRI MENANG–Tim Unit Reskrim Polsek Sekotong berhasil menangkap dua laki-laki atas dugaan sebagai maling sapi di Sekotong, Rabu (20/4/2022), sekitar pukul 03.00 WITA.

“Dua orang terduga pelaku telah berhasil kita amankan, masing-masing berinisial MU (26) dan RU (40). MU berprofesi sebagai petani berasal dari Dusun Batu Petak, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Sedangkan RU juga berprofesi sebagai petani berasal dari Dusun Gerintuk, Desa Batu Jangkih, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah,” ungkap Kapolsek Sekotong IPTU I Kadek Sumerta, Kamis (21/4/2022) dalam rilisnya.

Peristiwa pencurian ternak ini terjadi pada Minggu (17/4/2022) sekitar pukul 03.30 WITA bertempat di Dusun Mahoni, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

BACA JUGA :  Tiga Perempuan Meninggal Tenggelam di Bendungan Mareje Lombok Barat

“Adapun selaku korban dalam kasus pencurian ini menimpa seorang warga dari Dusun Pelangan Timur, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok barat,” katanya.

Berawal dari laporan korban ke Polsek Sekotong bahwa telah kehilangan tiga ekor sapi miliknya. Kemudian dari hasil penyelidikan tim mendapat informasi bahwa pelaku yang melakukan pencurian 3 ekor sapi tersebut adalah RU dan MU.

“Pada saat para pelaku membawa sapi dan beristirahat, ada seorang warga yang mengetahui hal tersebut. Berbekal informasi tersebut Tim Opsnal Polsek Sekotong melakukan penyelidikan keberadaan para pelaku,” katanya.

Sebelumnya warga yang melakukan pencarian sempat bertemu dengan pelaku, dan para pelaku mengaku telah melepas sapi tersebut ke tengah hutan lalu melarikan diri.

BACA JUGA :  Dibangunkan Jalan, Warga Banyu Urip Ucapkan Terima Kasih ke Lalu Ahmad Ismail

Kemudian polisi akhirnya mengetahui keberadaan RU dan MU, bahwa mereka tinggal di wilayah tengah hutan daerah Sekotong. Tanpa membuang waktu, tim bergerak menuju tempat persembunyian para pelaku ini.

“Akhirnya berhasil mengamankan para pelaku tanpa perlawanan, beserta barang bukti ke Polsek Sekotong, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” terangnya.

Adapaun barang bukti antara lain tiga ekor sapi, sebilah parang, sebuah HP dan dua buah klotok sapi. Untuk para terduga pelaku ini sendiri, polisi menjeratnya dengan Pasal 363 KUHP. (RL)