Taman Narmada Akan Ditata, Ini Desainnya

Desain penataan Taman Narmada. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) akan melakukan penataan di kawasan Taman Narmada. Fasilitas yang akan dibangun di antaranya adalah panggung kesenian atau panggung teater dilengkapi dengan tempat oleh-oleh, tempat ibadah, serta tempat kuliner yang menjual berbagai aneka kuliner khas Narmada.

Penataan taman peninggalan sejarah Kerajaan Karang Asem Bali ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghadirkan rasa nyaman dan puas pagi para pengunjung.

Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam mengatakan penataan taman yang terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat ini rencananya akan menjadi pelengkap dan pendukung amenitas, akses, dan atraksi budaya yang sudah ada.

Akhkam menegaskan, rencana penataan yang sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tahun 2021 ini tidak akan merubah keaslian dari peninggalan sejarah di kawasan Taman Narmada.

BACA JUGA :  Pencari Kerja Membeludak, Pemohon SKCK di Mataram Meningkat

“Proses rencana penataan kawasan ini sangat panjang, kami harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, antaranya Bale Cagar Budaya yang memiliki wewenang atas penataanya. Artinya proses yang kita lalui begitu panjang dan tidak sembarangan,” terang Akhkam saat Rapat Perencanaan Penetapan Kawasan Wisata Taman Narmada di Kantor Pengelola Taman Narmada, kemarin.

Di tempat yang sama, konsultan perencana yang juga pemilik Nataloka Konsultan, Putu Eka menjelaskan, lokasi yang boleh dibangun di kawasan Taman Narmada berada di sebelah selatan dari kawasan ring satu dengan luas kurang dari satu hektar.

“Kawasan ring satu tidak boleh dirubah atau ditambah, tetapi hanya boleh direstorasi oleh Bale Cagar Budaya, karena kawasan itu sudah terdaftar di PBB sebagai cagar budaya. Kita tidak akan menebang pohon dan merubah posisi-posisi yang sudah ada, karena kita ingin membangun dengan tidak merusak yang sudah ada,” katanya.

BACA JUGA :  Rp 1,07 Miliar untuk Penataan RSUD Praya

Sementara itu, Kamarudin, pengelola Taman Narmada mengapresiasi komitmen pihak Dispar Lobar untuk mengembangkan kawasan Taman Narmada. Menurutnya, komitmen Dispar Lobar untuk pengembangan obyek wisata di Lobar, khususnya di taman narmada layak diberikan apresiasi dan dukungan dari para insan pariwisata,

“Ini merupakan peluang bagi kami untuk meningkatkan kontribusi PAD bagi daerah serta memberikan fasilitas-fasilitas yang bisa membuat para pengunjung betah. Harapan kami tentu dengan penataan ini pengunjung banyak yang berdatangan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” harap Kamarudin. (RL)