Taklukan Pesilat Vietnam, Maryati ke Final

BERPOSE: Ketua KONI NTB, Andy Hadiyanto berpose bersama Maryati dan pelatihnya, Dedy S Darere usai melawati pertandingan semifinal.

MATARAM—Langkah sukses terus mengiringi Maryati. Setelah berhasil mempersembahkan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 lalu, kini selangkah lagi ia akan menjadi kampiun ajang Kejuaraan pencak silat dunia di Bali.

Di ajang itu, Maryati sukses menekuk perlawanan pesilat asal Vietnam Nguyen Long Van Trang. Pesilat asal batuijai, Lombok Tengah ini membuktikan kedigdayaannya dengan skor mutlak, 5-0.

Sejak ronde pertama dimulai, Maryati bermain agresif. Serangan bertubi-tubi dilancarkan kepada pesilat Vietnam. Kaki dan tangan Maryati seolah tak terbendung mendarat di tubuh sang lawan.

Serangan yang terus dilancarkan Maryati itu rupanya membuat sang lawan kalang kabut. Buktinya, sebelum lonceng ronde pertama dibunyikan, pesilat andalan NTB yang membela timnas Merah Putih ini membuat lawannya terjungkal dan jatuh.

Di babak kedua, Nguyen Leon Van Trang yang hanya bisa berkelit dan menepis serangan Maryati di ronde pertama mulai mengubah strategi perlawanan. Nguyen mencoba tampil lebih agresif dengan melancarkan pukulan demi pukulan.

Namun Maryati yang sudah kenyang asam garam dunia persilatan itu dengan enteng menepis dan menangkis semua serangan yang dilancarkan lawannya. Hebatnya, tak satu pun pukulan dan sepakan lawan dibiarkan mendarat di tubuhnya.

BACA JUGA :  Maryati Kembali Jadi Pesilat Terbaik Dunia

Karena kelihaian Maryati itu, tak pelak, Nguyen dibuat prustrasi. Pukulan demi pukulan yang dialamatkan ke Maryati selalu mendarat pada sasaran kosong.

Kejadian pada babak berikutnya hingga pertandingan berakhir tak tak jauh berbeda. Alih-alih bangkit mencuri poin, Nguyen dibuat semakin prutrasi. Hingga laga berakhir, Maryati keluar dengan kemenangan telak.

“Alhamdulillah saya masuk ke final. Kalau nanti menang di partai puncak, medali akan saya persembahkan kepada orang tua saya,” ungkapnya, Selasa (6/12).

Terpisah, Ketua KONI NTB, Andy Hadiyanto mengatakan, penampilan yang disuguhkan Maryati dianggap luar biasa. Ia berhasil mengamankan semua poin dalam pertandingan krusial tersebut.

“Kita bangga memiliki pesilat seperti dia,” ujarnya.

Dengan mengantongi kemenangan di babak semifinal, secara otomatis Maryati mulus melaju ke babak final. Di partai puncak nanti, ia akan meladeni pesilat asal Thailand. Laga kedua srikandi ini akan dihelat Kamis (8/12).

Andu lantas mengajak semua masyarakat NTB dan  Indonesia membantu dan mendukung Maryati lewat doa. Diharapkan lewati itu, pesilat andalan NTB ini bisa memenangkan laga penentuan tersebut. (cr-adi)