Tak Layak Pakai, Kondom Gratis Ditarik

Kondom Gratis
DITARIK: Kadis dan Kabid DP3AP2KB Lombok Tengah saat menunjukan dua jenis kondom yang ditarik peredaranya karena tidak layak. (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Lombok Tengah menarik kembali bantuan alat kontrasevsi berupa kondom yang sudah terlanjur beredar di tengah masyarakat.

Ditariknya alat untuk hubungan intim yang merupakan bantuan pemerintah tersebut, karena diduga mengalami kebocoran dan tidak sesuai dengan spek dalam dunia kesehatan. Dua jenis kondom yang ditarik dari masyarakat tersebut di antaranya bermerek Artika Kondom. Alat tersebut diberikan sebelumnya BKKBN untuk program kependudukan dan KB dan pencegah IMS, HIV dan AIDS.

“Penarikan alat kontrasevsi ini karena dinyatakan kedaluwarsa dan ditakutkan akan berbahaya bagi penggunanya,” ungkap Kepala DP3AP2KB Lombok Tengah, H Muliadi Yunus, Selasa kemarin (24/4).

Mantan Camat Praya Timur itu menambahkan, pihaknya sudah memerintahkan jajaranya bersama UPT untuk menarik peredaran kondom itu. Nantinya alat tersebut akan diganti dengan yang baru dan dianggap layak untuk digunakan masyarakat. “Untuk yang dua jenis ini, maka baik yang lama maupun yang baru agar ditarik dan akan digati dengan yang baru,” jelasnya.

Diakuinya, selama kurun waktu tiga bulan terakhir, pihaknya sudah menyuplai setidaknya ada 50 kotak kondom. Kondom tersebut disebar di masing-masing puskesmas. Tetapi, pihaknya baru bisa menarik kembali 30 kotak dari puskesmas. “Secara teknis kondon bantuan tersebut diragukan. Karena selain tipis bahkan ditemukan juga di dalamnya ada debu,” jelasnya.

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut