Tak Diberi Uang, Anak Bakar Rumah Ortu

Minta Uang, Tak Dikasi, Anak Bakar Rumah Ortu
KEBAKARAN: Rumah milik St Asni di Kelurahan Potu Kecamatan Dompu terbakar, Selasa (24/7) malam. (Juwair/ Radar Dompu)

DOMPU – Wawan, pemuda pengangguran di Lingkungan Rasabou Kelurahan Potu Kecamatan Dompu nekat membakar rumah orang tuanya. Karena sang ibu, St Asni tidak memberikannya uang.

Peristiwa ini terjadi di RT 18 RW 05 Lingkungan Rasa Bou Kelurahan Potu, Selasa (25/7), sekitar pukul 21.45 wita. Kondisi rumah dan seluruh isinya hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Karena saat kejadian, St Asni sedang berada di rumah orang tuanya yang tak jauh dari lokasi itu.

Kebakaran yang menghanguskan rumah milik pegawai Dinas Dukcapil ini membuat masyarakat sekitar panik. Pasalnya,¬† insiden kebakaran terjadi saat masyarakat¬† tengah beristirahat. “Saya kaget, karena tetangga teriak dan pada berhamburan keluar rumah,” aku Nasrudin, tetangga korban.

Lurah Potu Firmansyah juga ikut melihat langsung peristiwa kebakaran itu. Sejumlah warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, tapi tidak membuahkan hasil. “Api baru dipadamkan sekitar pukul 23.00 wita, setelah dua mobil pemadam kebakaran dan water canon Polres Dompu dikerahkan,” jelas Firmansyah.

Ia mengaku tidak mengetahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun, dari informasi kepolisian diduga kebakaran itu disengaja dan dilakukan oleh Wawan yang merupakan anak korban. Karena sebelumnya, Wawan sempat loncat pagar dan dikira sebagai pencuri. “Dugaan warga bisa benar. Karena, beberapa saat setelah dia (Wawan, red) keluar rumah, baru warga melihat api di rumah itu,” tegasnya.

Diungkapkan Firman, Wawan kerap berbuat onar dan menyusahkan ibunya. Sering mengamuk jika permintaannya tidak dikabulkan. Bahkan sebelum peristiwa ini, mobil Suzuki Katana pemberian ibunya dijual untuk keperluan pribadi. “Dia sengaja bakar rumah, lantaran tak dikasih uang Rp 4 juta oleh ibunya,” jelas Firman.

Sementara Kapolsek Dompu IPDA Zuharis membenarkan adanya kejadian itu. Mantan Kanit 1 Sat Intelkam Polres Dompu ini menduga, kebakaran tersebut bukan karena korsleting listrik. Tapi, sengaja dibakar. “Terduga pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Dompu untuk diperiksa,” terang Zuharis.

Menurutnya, Wawan diamankan oleh anggota gabungan Polres Dompu, Polsek Dompu dan anggota Kodim saat kebakaran berlangsung. Wawan diamankan tanpa perlawanan. “Untuk menghindari amukan warga kita amankan di Polres, sekaligus kasusnya ditangani oleh Polres,” ujarnya.

Wawan diamankan berdasarkan laporan masyarakat di TKP. Bahwa sebelum kebakaran itu, terduga pelaku sempat berada dalam rumah dan keluar loncat pagar. “Wawan ini masih terduga pelaku. Kami akan mintai keterangannya dan melakukan penyelidikan untuk membuktikan, benar atau tidak keterangan saksi,” pungkasnya. (jw)