Tahun Ini, Tiga Mahasiswa Asal Lombok Wisuda di Universitas Al-Ahgaf Yaman

Oleh: Muhammad Rofi'i (Mahasiswa Univ. Al-Ahgaff, Fakultas Ilmu Hadis)

WISUDA: Tiga mahasiswa asal Lombok kembali diwisuda tahun ini di Universitas Al-Ahgaf Yaman. (ist for radarlombok.co.id)

UNIVERSITAS Al-Ahgaf, adalah salah satu lembaga pendidikan tervaforit di Yaman, kembali mewisuda tiga mahasiswa yang berasal dari Lombok pada Kamis (15/07/21) malam lalu.

Universitas Al-Ahgaf merupakan salah satu universitas ternama di Republik Yaman yang berlokasi di kota Tarim, Provisni Hadhramaut, Yaman. Universitas ini termasuk salah satu dari anggota Liga Arab.

Universitas ini memiliki beberapa Fakultas, di antaranya adalah Fakultas Syariat dan Hukum, Fakultas Hadis dan Ilmu Hadis. Fakultas Syariat dan Hukum inilah yang menjadi tujuan utama pelajar-pelajar Lombok khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Acara wisuda yang bertempat di Auditorium Fakultas Syariat dan Hukum tersebut, dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad Baharun selaku Rektor Universitas Al-Ahgaf, Abuya Al-Habib Alwy bin Abdullah Al-Atthas selaku Mudir Ribath Alawiyah kota Mukalla, Dr. Abdullah bin Smith selaku Dekan Fakultas Syariat dan Hukum, Syekh Muhammad Ali Al-Khatib salah satu Mufti kota Tarim, serta segenap civitas universitas dan seluruh mahasiswa yang berasal dari berbagai negara.

Ketiga mahasiswa asal Lombok yang diwisuda tahun ini adalah Najamuddin yang berasal dari Lombok Tengah, Zaid Ismail berasal dari Lombok Timur dan Ahyaul Hazmi berasal dari Lombok Timur.

Para wisudawan angkatan 22 universitas Al-Ahgaf yang mengikuti prosesi wisuda pada Kamis malam lalu berjumlah 61 orang yang berasal dari berbagai negara dengan perincian sebagai berikut; Indonesia 44 orang, Somalia 2 orang dan Yaman 15 orang.

Acara dimulai setelah salat Magrib waktu setempat dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan prosesi acara wisuda.

Dekan Fakultas Syariat dan Hukum, Dr. Abdullah bin Smith dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil mengetaskan pendidikannya selama lima tahun di Al-Ahgaf.

Diharapkan agar apa yang telah didapatkan oleh para wisudawan selama belajar di bangku kuliah, dapat menjadi modal untuk berkontribusi membangun agama dan negara, tatkala telah kembali ke negaranya masing-masing.

Selain itu, Prof. Dr. Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun selaku Rektor Universitas Al-Ahgaff, dalam sambutannya juga mengingatkan kepada para wisudawan agar selalu berpegang teguh dengan apa yang sudah didapat selama belajar di Al-Ahgaf, dan mengingatkan agar berdakwah di jalan Allah dan tidak mengganti semua ilmu yang telah didapatkan dengan kemasyhuran dan perkara dunia.

“Jangan engkau mengganti kemuliaan ilmumu dengan hal duniawi untuk mencari kemasyhuran dan pangkat,” pesannya.

Acara wisuda berjalan dengan lancar dan khidmat hingga diakhiri dengan salat Isya berjemaah dan sesi foto bersama. (RL)