Tahun Ini Bisnis Handphone Diprediksi Moncer

PENJUALAN : Nampak salah satu konter Hp di Lombok Epicentrum Mall yang dikunjungi oleh pembeli.(DEVI HANDAYANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Bisnis handphone diprediksi pada tahun 2021 ini akan meningkat 10 persen, seiring banyaknya orang yang akan mengganti handphone dengan keluaran terbaru. 

Pasalnya, ada kebijakan dari aplikasi Whatsapp yang tidak bisa diakses di beberapa handphone model lama. “Ada prediksi pasti menigkat, karena orang pasti nyari handphone yang bisa mengakses Whatsapp. Kenaikan kira-kira 10-20 persen, karena memang sekarang orang butuh Hp yang update,” ujar Owner Ricky Smarthphone, Ricky Hartono Putra.

Kebijakan yang akan dimulai 1 Februari mendatang, dimana pengguna tidak akan dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada untuk beberapa operating system (OS) lama, karena kebijakan baru WhatsApp yang harus terhubung dengan facebook. “Jadi Hp lama sudah jarang digunakan di pasaran. Apalagi Hp bisa menunjang pekerjan untuk cepat selesai. Jadi saya sudah atur strategis dengan tukar tambah, promo, itu akan dimaksimalkan Febuari mendatang,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan kemudahan untuk masyarakat bisa mendapatkan Hp baru, yakni dengan kredit 0 persen untuk beberapa tipe Hp. Tak hanya itu saja juga, menawarkan beberapa Hp ter-uptude tetapi dengan harga terjangkau. “Kredit tanpa DP untuk program Jumat, Sabtu, Minggu itu kita ada. Jadi orang bisa lebih mudah punya Hp ter-uptude,” ungkapnya.

Terpisah, pemilik Kana Cell Lombok Epicentrum Mall Ivone Ponamon mengatakan, penjualan selama masa pandemi meningkat dua hingga tiga kali lipat dari waktu normal. Apalagi dengan kebijakan pembaruan aplikasi WhatsApp di awal Februari, menambah iklim positif pada bisnisnya. “Peningkatan diprediksi bisa mencapai 100 persen. Satu keluarga masing-masing harus punya ponsel. Jadi tidak heran jika barangnya cepat sold out,” ujarnya .

Sementara itu, ia merekomendasikan ponsel Samsung Galaxy A02s yang merupakan handphone dengan kapasitas baterai 4000mAh dan layar 6.4 inch dilengkapi dengan kamera belakang 13 + 5MP. Selain menghasilkan foto yang tajam dan detail, ponsel ini juga punya fitur fast charging. “Harganya cukup murah dibanderol hanya Rp 1,7 juta untuk varian RAM 3/32 GB dan Rp 1,9 juta untuk RAM 4/64 GB,” sebutnya. (dev)